Tips Dari Pakar Gizi Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Lebaran

Tips Dari Pakar Gizi Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Lebaran

Tips Dari Pakar Gizi Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Lebaran-Ilustrasi-pixabay

RADARMUKOMUKO.COM - Bulan Ramadhan kerap dijadikan oleh sebagian orang untuk dapat mengatur pola malan agar berat badan terjaga.

Namun, banyak sekali diantara mereka yang justru akan kembali tidak mengkontrol pola makan sesaat setelah bulan puasa.

Terutama saat lebaran, banyaknya berbagai jenis makanan dan kue yang dihidangkan membuat kita sangat tergiur untuk memakannya.

BACA JUGA:Zodiak-zodiak ini Memiliki Sifat yang Tulus dan Mudah Memberi Maaf Saat Lebaran, Apakah Itu Zodiakmu?

Namun, kebiasaan tersebut justru membuat berat badan bertambah dan kurang baik untuk kesehatan.

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kedokdteran Universitas Indonesia , dr Nurul Ratna Mutu Manikem, M. gizi, SpGk menjelaskan bahwa banyak orang mencoba mengubah gaya hidulnya menjadi lebih baik saat bulan puasa.

Namun, saat idul fitri tiba, banyak diantara mereka justru mengalami masalah kesehatan tubuh salah satunya adalah kegemukan.

Hal tersebut dipicu karena adanya dorongan untuk makan secara berlebihan sehingga mengakibatkan perubahan pola makan yang sangat drastis. Akibatnya, berat badan akan menjadi naik dan dapat berisiko terkena kegemukan.

Untuk mengatahi permasalahan tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan berat badan, diantaranya

1. Memperhatikan porsi makan malam

Dr Nurul menyarankan sebaiknya makan malam disesuaikan dengan kadar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Kadar tersebut menjelaskan bila dalam tetapi yang terdiri dari 50% buah sayud, 50% sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Tak hanya itu, perlu dipenuhi juga asupan air. Setidaknya kita dianjurkan untuk minum sebanyak Tujuh hingga delapan gelas perharinya.

BACA JUGA:Psikolog Sebut Pertanyaan “Kapan Nikah” Merupakan Bentuk Kepedulian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: