Biaya-biaya Kuliah yang Wajib Para Camaba Tahu

Biaya-biaya Kuliah yang Wajib Para Camaba Tahu

Bingung Memilih Jurusan yang Tepat di Perkuliahan-Ilustrasi-berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Memasuki jenjang Perguruan Tinggi, sudah pasti akan mengalami beban yang cukup berat pula. Hal ini tentunya disebabkan karena semakin tinggi kamu menimba ilmu, maka semakin sulit rintangan yang perlu dihadapi.

Terdapat banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan buat kamu para camaba sebelum masuk dapam kehidupan di Perguruan Tinggi. Mulai dari tenaga, pikiran, mental, dan yang terpenting finansial.

BACA JUGA:Amalan-amalan yang Diajarkan Rasulullah Saat Terjadi Gerhana Matahari

Kenapa finansial juga menjadi aspek penting yang harus dipersiapkan oleb para camaba? Karena nantinya diperkuliahan kalian akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menunjangmu dalam menuntut ilmu di Perguran Tinggi.

Melansir dari akun masukkampus, berikut adalah komponen biaya biaya kuliah yang camaba wajib tahu.

1. Uang Pangkal

Saat pertama kali kamu memasuki perguruan tinggi maka kamu akan dihadapi dengan uang pangkal.

Uang pangkal atau sering disebut dengan Sumbangan Pengembangan Instusi (SPI) atau lebih dikenal dengan uang gedung merupakan uang yang harus dibayarkan oleh para calon mahasiswa sebelum masuk ke perguruan tinggi.

BACA JUGA:Simak! Inilah Jadwal Penting UTBK-SNBT 2023. Para Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Para mahasiswa hanya wajib membayar uang pangkal satu kali saat pendaftaran ulang dengan nominal yang berbeda di tiap kampusnya.

2. Uang Kuliah Tunggal

uang kuliah tunggal atau sering disingkat dengan UKT merupakan salah satu jenis pembayaran administratif yang biasanya akan dibayarkan jika mahasiswa telah diterima di PTN.

Mahasiswa nantinya akan diwajibkan untuk membayar UKT setiap semester nya tanpa ada tambahan komponen biaya yang lain. Biaya UKT tiap kampus berbeda, tergantung dengan kebijakan masing masing PTN.

3. SPP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: