Pemkab Realisasikan 13 Program Prioritas, Dukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko

Pemkab Realisasikan 13 Program Prioritas, Dukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko

Pemkab Realisasikan 13 Program Prioritas, Dukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko-Istimewa-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Meski dengan kondisi keterbatasan anggaran. Secara bertahap, program prioritas daerah dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko tetap dapat direalisasikan.   

Hal ini terungkap dalam forum rapat pra evaluasi realisasi capaian program prioritas daerah tahun 2022 yang diselenggarakan di aula Bappelitbangda Mukomuko, 28 Februari 2023.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappelitbangda Mukomuko, Gianto, SH., M.Si menyampaikan, sebagian besar program unggulan daerah dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko telah dijalankan. Tentunya, dalam merealisasikan program tersebut, tetap menyesuaikan dengan kondisi ketersediaan anggaran daerah. 

BACA JUGA:Enam Kawasan Kumuh di Mukomuko, Kecamatan Kota Paling Banyak

‘’Pada prinsipnya, program prioritas daerah dalam mendukung pembangunan sesuai visi misi bupati dan wakil bupati telah mulai dilaksanakan. Dalam merealisasi program ini, tentu secara bertahap,’’ kata Gianto. 

Kepala Bidang (Kabid) Litbang Bappelitbangda Mukomuko, Lailatul Hidayat, MH menjelaskan, ada 13 item program prioritas daerah dalam mendukung realisasi visi misi kepala daerah. Menurut Lailatul Hidayat, dari sejumlah program prioritas tersebut, telah menapaki kemajuan yang signifikan. 

‘’Dari hasil rapat pra evaluasi hari ini, dapat disimpulkan bahwa semua program unggulan daerah untuk mendukung terlaksananya visi misi kepala daerah sudah mulai dijalankan. Capaian progresnya pun cukup baik,’’ imbuhnya. 

Dijelaskan Lailatul Hidayat, 13 item program prioritas daerah yang telah direalisasikan. Di antaranya, pembangunan sektor ekonomi, fokus pada pembangunan infrastruktur utama penunjang perekonomian. Di tahun 2022, Pemkab Mukomuko telah melaksanakan pembangunan jalan hotmix sepanjang 6.692 meter dan kegiatan pengerasan jalan sepanjang 7.298 meter. 

BACA JUGA:High Level Meeting, Sumbatan Utama Pengembangan UMKM di Mukomuko Terkait Persoalan Listrik

Lanjutan dari program ini, tahun 2023 Pemkab Mukomuko juga akan melaksanakan pembangunan jalan hotmix 8.983, 31 meter dan kegiatan pengoralan 1.311,93 meter. 

Kemudian, pengadaan seragam sekolah gratis bagi siswa-siswa SD dan SMP, dengan rincian untuk SD 3.432 paket dan SMP  2.438 paket. Di tahun 2023 ini, juga bakal dilaksanakan pengadaan seragam gratis untuk SD 3.352 paket dan SMP 2.741 paket. 

Pembangunan Rumah Adat Mukomuko, untuk tahap 1 telah dilaksanakan pembangunan pondasi, sesuai rencananya akan dituntaskan melalui APBD 2023. 

Pembangunan GOR dan pembinaan olahraga. Daerah juga telah melaksanakan pembangunan fisik berupa tribun mini dan fasilitas olahraga lainnya. Program ini berlanjut di tahun 2023, bahkan juga ditambah dengan anggaran pembinaan olahraga melalui dana hibah KONI sebesar Rp1 miliar. 

Untuk mendukung sektor pertanian. Pemkab Mukomuko juga telah melaksanakan pembangunan JSP dan JUT sepanjang 66,3 kilometer dan ditambah pembagian bibit unggul kepada masyarakat. Sementara, untuk tahun 2023 juga dianggarkan kembali untuk kelanjutan program tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: