Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Inilah Faktor Yang Dinilai Sebagai Penentu Lulus SNBP

Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Inilah Faktor Yang Dinilai Sebagai Penentu Lulus SNBP

Calon Mahasiswa Wajib Tau! Begini Cara Membuat Akun SNPMB untuk SNBP dan SNBT-Kemendikbud-

RADARMUKOMUKO.COM - Seleksi Nasional Bersama Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) sudah di buka. Saat ini bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri diminta untuk melakukan registrasi.

Terdapat dua jenis seleksi dalam Seleksi SNPMB tahun ini. Yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

BACA JUGA:Menteri Keuangan Sri Mulyani Mengecam Gaya Hidup Mewah Anak Pejabat

Seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN telah terintegrasi di bawah panitia pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Sedangkan sebelumnya, pelaksana penerimaan adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di bawah majelis rektor.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni (AMA) Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto menyampaikan 3 faktor yang menjadi penentu lulusnya siswa di SNBP 2023.

3 faktor tersebut adalah kesesuaian prestasi dengan program studi pilihan, rangking siswa di sekolah, dan indeks sekolah.

BACA JUGA:Bertanding Minggu Sore, PASPUS U-15 Berpeluang Besar Masuk 16 Besar

Sebagai ilustrasi, jika ada ribuan calon mahasiswa baru yang mendaftar fakultas kedokteran. Jika setelah seleksi ranking pertama masih menyusahkan 509 calon mahasiswa, maka ke 599 calon mahasiswa tersebut otomatis akan mengikuti penyaringan kembali berdasarkan indeks sekolah.

Dalam seleksi SNBP, dijelaskan oleh Prof Bambang, para siswa yang memiliki rangking tinggi di sekolahnya akan memiliki pejuang yang besar untuk diterima di program studi yang ia inginkan.

Namun, hal itu tidak akan menjamin rangking satu akan lolos.

Artikel ini dibuat dan dikutip berdasarkan referensi dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: