Mulai Dari Kue Bay Tat, Hingga Pendap, Ini Makanan Khas Bengkulu yang Jarang Diketahui, Namun sangat Mendunia

Mulai Dari Kue Bay Tat, Hingga Pendap, Ini Makanan Khas Bengkulu yang Jarang Diketahui, Namun sangat Mendunia

Mulai Dari Kue Bay Tat, Hingga Pendap, Ini Makanan Khas Bengkulu yang Jarang Diketahui, Namun sangat Mendunia- Istimewa -berbagai sumber

Lemang tapai dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan. 

Untuk cara membuatnya, beras ketan yang sudah dicuci bersih lalu direndam semalaman. Setelah itu dicampur dengan santan dan dimasak dengan cara dibakar dalam seruas bambu hingga matang. 

Nantinya lemang tapai akan disajikan bersama dengan tapai ketan. Selain tapai ketan, biasanya juga ada durian yang mendampingi sajian makanan khas Bengkulu ini.

BACA JUGA:Gara-gara Sapi Diliarkan, Warga Rawa Bangun Ribut

3. Lempuk Durian

Lempuk durian terbjay bahan dasar buah durian dengan tambahan tepung gandum serta gula. Semua bahan dicampur hingga rata lalu diaduk dalam sebuah wajan besar dan dimasak di atas api hingga teksturnya mengental dan matang. 

Lempuk durian ini memiliki tekstur sangat mirip dengan dodol dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Kue Bay Tat

Kue bay tat adalah salah satu makanan khas Bengkulu yang dibuat dari bahan utama telur ayam, tepung gandum, gula pasir, dan mentega yang diaduk menjadi satu sama lain.

Cara pembuatannya, bahan yang dicampurkan tadi dimasukkan ke dalam wadah dan dipanggang hingga matang. 

Setelah matang, nantinya kue ini akan diolesi dengan perpaduan selai nanas dan keju sehingga nanti saat disantap akan ada rasa manis, gurih, dan sedikit asam.

Nama kue bay tat diambil nama ‘bay’ yang artinya adalah induk dan ‘tat’ yang artinya tart. Jadi bisa dikatakan kalau kue bay tat adalah kue tart induk.

Artikel ini dibuat dan dikutip berdasarkan referensi dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: