Apa Itu Money Laundry? Mengenal Istilah Cuci Uang

Apa Itu Money Laundry? Mengenal Istilah Cuci Uang

Uang-ilustrasi-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - Pernah dengar istilah pencucian uang? Mungkin bagi beberapa orang istilah ini tidak cukup asing di dengar.

Namun, bisa saja tak sedikit orang tau sebenarnya apa itu istilah pencucian uang dan dampaknya.

Menurut Wikipedia, Pencucian uang merupakan suatu upaya perbuatan untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul uang/dana atau Harta Kekayaan hasil tindak pidana melalui berbagai transaksi keuangan agar uang atau Harta Kekayaan tersebut tampak seolah-olah berasal dari kegiatan yang sah/legal.

BACA JUGA:Mengenal Hewan Capybara, Hewan Santuy yang Viral di Internet

Mengutip dari situ OJK, istilah pencucian uang pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1920-an.

Awal mula pencucian uang ini terjadi karena para mafia disana memperoleh sejumlah uang yang berasal dari hasil kejahatan.

Hasil kejahatan tersebut diantaranya adalah, pemerasan, judi, prostitusi dan masih banyak lagi.

Kemudian para mafia ini pun membeli beberapa perusahaan secara sah menggunakan uang hasil dari kejahatan tersebut.

Tujuan dari pembelian perusahaan secara sah ini bertujuan untuk menggabungkan uang haram hasil kejahatan tersebut dengan uang yang diperoleh secara sah dari kegiatan usaha untuk menutupi sumber dananya agar seolah-olah berasal dari sumber yang sah.

Investasi terbesar yang mereka miliki saat itu adalah perusahaan pencucian pakaian yakni Laundromats yang waktu itu terkenal di Amerika Serikat. 

BACA JUGA:405 Warga Program KB Gratis di Momen HUT ke 20 Mukomuko

Usaha pencucian ini kemudian semakin maju dan berbagai uang hasil kejahatan yang diperoleh ditanamkan pada usaha pencucian pakaian ini.

Dalam praktiknya pada zaman sekarang, tidakan pencucian uang ini tidak selalu berjalan dengan bertahap.

Tetapi kadang, dengan cara saling menggabungkan tahapan, kemudian melakukan tahapan-tahapan pencucian uang berulang-ulang kali sehingga terjadi proses pencucian uang yang rumit dan melibatkan banyak pihak dan lembaga penyedia barang dan jasa sehingga kejahatan pencucian uang merupakan salah satu kejahatan yang terorganisir dengan rapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: