Ini Dia 4 Tambang Penghasil Emas di Indonesia, Nomor 4 Bikin Takjub

Ini Dia 4 Tambang Penghasil Emas di Indonesia, Nomor 4 Bikin Takjub

Ini Dia 4 Tambang Penghasil Emas di Indonesia-Istimewa- radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM –  Indonesia kaya akan alam dan mineral yang di terkandung didalammnya. Indonesia juga di julukin dengan negara yang kaya dengan alam.

Berdasarkan data yang di ambil lamat Ditjen Mineral dan batu bara(Minerba). Total produksi emas mencapai 12,9 juta ton. 

BACA JUGA:Propam Polda Ingatkan Personel Polres Mukomuko Jauhi Sifat Hedonisme

Selain itu, hasil laporan yang dikeluarkan oleh badan riset industry Independen CRU International Ltd(CRU) per tahun 2019, Negara Indonesia berada urutan ke-4 sebagai negara yang memiliki cadangan terbesar, dibawah Australia,Rusia, dan Afrika Selatan.

Adapun beberapa tambang emas yang beroperasi di Indonesia diantaranya

1. Tambang Emas PT.Freeport

Dikutib dari cnbcindonesia.com tambang emas Freeport dimiliki oleh PT Freeport Indonesia, yang merupakan perusahaan patungan(Joint Venture) antara Freeport-McMoran dengan PT Industri Asahan Alumunium Persero(Inalum), dan saat ini merupakan tambang penghasil konsentrat emas terbesar di Indonesia.

PT Freeport Indonesia sendiri saat ini tidak menghasilkan emas murni, namun hanya memproduksi konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak, yang seluruhnya di ekspor ke pasar luar negeri.

2. Tambang Emas Martabe

Tambang emas Martabe, yang merupakan milik PT Agincourt Resources dan berlokasi di Sumatera Utara, merupakan tambang penghasil emas dengan jumlah cadangan emas sebesar 135 ton pertahun 2020. Martabe sendiri telah dimulai beroperasi sejak tahun 2012, dan memiliki luas area konsesi berdasarkan kontrak karya per saat ini sekitar 130 ribu hektar.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar yang Meninggal Saat Peristiwa Banjir Bandang di Area Tambang Emas PT Freeport Indonesia

3 Tambang Emas Toka Tindung

Tambang emas Toka Tindung dimiliki oleh PT Archi Indonesia tbk, melalui dua anak usahanya PT Meares Soputan Mining dan PT Tambang Tondano Nusajaya, berlokasi di Sulawesi Utara.

Tambang emas ini telah beroperasi sejak 2009, dengan produksi emas pertama pada tahun 2011, dan memiliki cadangan emas sebesar 122 ton per akhir tahun 2020. Toka Tindung memiliki luas konsesi area sebesar 40 ribu hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: