Mukomuko Perkuat Sinergi Basarnas dengan Pramuka

Mukomuko Perkuat Sinergi Basarnas dengan Pramuka

Mukomuko Perkuat Sinergi Basarnas dengan Pramuka-Istimewa- radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - Pengurus satuan karya (Saka) pencarian dan pertolongan atau SAR Cabang Mukomuko, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 0707 Kabupaten Mukomuko dikukuhkan.

Dimana pelantikan dan pengukuhan langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 0707 Mukomuko, Hj. Tengku Nurliyana Habsjah, SE, M.Pd. Pelantikan bertempat di Pangkalan Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mukomuko. 

Bupati Mukomuko, H. Sapuan yang langsung hadir pada pelantikan ini menyampaikan, lembaga SAR di Mukomuko perlu memperkuat potensi tim pencarian dan pertolongan.

Sebab, Mukomuko merupakan daerah yang cukup rawan terjadi bencana.

Ia ingin anggota Saka SAR Cabang Mukomuko mendapat pelantikan maksimal, sehingga, ketika terjadi bencana atau kondisi yang memerlukan pencarian dan pertolongan, Saka SAR Mukomuko siap turun.

‘’Selamat kepada pengurus dan anggota Saka SAR Cabang Mukomuko yang telah dilantik. Saka SAR ini wadah untuk menempah diri, lebih disiplin, lebih cekatan, terbiasa mengambil keputusan yang tepat. Kalau ada pelatihan, jalani dengan serius. Persiapkan diri untuk membatu melakukan misi pencarian maupun pertolongan,’’ kata bupati.

BACA JUGA:Beredar Info, Honorer Pokir Sudah di-SK, Awasi Jangan Kecolongan

BACA JUGA:Ratusan Pelajar di Mukomuko Studi Lapangan Pengenalan Budaya Tertib Lalu Lintas

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, M. Arafah dalam sambutannya mengatakan Basarnas Bengkulu, menyambut baik Saka SAR Cabang Mukomuko yang telah dilantik langsung oleh Ketua Kwarcab Mukomuko.

Ia menyampaikan, Basarnas telah menjalin kerjasama dengan Kwartir Nasional Pramuka. Kemudian kerjasama antara lembaga SAR dan Pramuka terus terjalin di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Ia menitipkan Saka SAR kepada Pos SAR Mukomuko untuk dilakukan pembinaan.

Sebab, anggota Saka SAR berhak mendapat pelatihan rutin maupun sertifikasi bidang pencarian dan pertolongan.  

‘’Saka SAR wajib dibekali pengetahuan dan skill pencarian dan pertolongan. Pelatihan atau peningkatan kapasitas itu menjadi tanggungjawab Basarnas. Dan untuk di Mukomuko Pos SAR selaku pembina Saka SAR bertanggungjawab dalam memberikan pelatihan,’’ katanya. 

Ia berharap, dengan dukungan Pemkab Mukomuko dan latihan rutin bersama Pos SAR Mukomuko, anggota Saka SAR Cabang Mukomuko memiliki kemampuan melakukan pencarian dan pertolongan yang mumpuni. Baik skill individu setiap anggota maupun kemampuan kelompok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: