Kades Gajah Mati Canangkan Pemanfaatan Lahan Kosong

Kades Gajah Mati Canangkan Pemanfaatan Lahan Kosong

Lahan Kosong: Kades Gajah Mati, Bambang Irawan menunjukkan lahan kosong yang ada di samping kantor desa gajah mati sudah digarap oleh PKK dan Majelis Taklim -Istimewa-

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Kepala Desa (Kades) Gajah Mati, Bambang Irawan mengajak warga desanya untuk memanfaatkan lahan kosong.

Yaitu mengisi lahan kosong dengan tanaman sayur mayur. Sekarang ini mereka membuat lahan percontohan yang berada di samping kantor Desa Gajah Mati.

BACA JUGA:Talang Buai Bangun Gedung Posyandu

Dimana lahan kosong tersebut tengah digarap oleh PKK dan Majelis Taklim untuk menanam sayur muda. Seperti Kangkung, Sawi, Kacang Panjang, Cabe Kriting, Tomat dan jenis sayur lainnya. Pemdes Gajah Mati berharap lahan yang digarap ini bisa jadi percontohan untuk masyarakat lain.

Menurutnya, untuk menanam sayur mayur tidak perlu lahan luas. Masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong di depan rumah ataupun yang berada di belakang rumah. Dengan lahan seluas 2-4 meter persegi sudah bisa untuk menanam sayur. Caranya, untuk mendapatkan lebih banyak penanaman bisa dilakukan dalam Poliback.

"Dengan adanya kegiatan PKK dan Majelis Taklim memanfaatkan lahan kosong ini. Kita harap Kedepan bisa menumbuhkan minat masyarakat desa gajah mati untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumahnya. Ayo manfaatkan lahan kosong untuk tanaman sayur," kata Bambang Selasa,(24/1).

BACA JUGA:Usulkan Program Vaksin Jembrana

Dijelaskannya, hasil memanfaatkan lahan kosong ini otomatis secara tidak langsung bisa membantu kebutuhan dapur. Karena itu pihaknya dari desa mencanangkan, dan mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumahnya masing-masing. Baik di depan rumah maupun perkaranya di belakang rumah.

"Selain menanam sayur- sayuran juga bisa menanam bumbu-bumbuan. Seperti kunyit, jahe, serai lengkuas dan jenis bumbu dapur lainnya. Dengan ada pemanfaatan lahan kosong ini, setidaknya kita tidak membeli bumbu dapur. Ini tentu sangat bermanfaat dan bisa hemat," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: