Bolehkah Memainkan Ponsel di Pesawat Meskipun di Pesawat Sudah Memiliki Fasilitas WiFi?

Bolehkah Memainkan Ponsel di Pesawat Meskipun di Pesawat Sudah Memiliki Fasilitas WiFi?

Bolehkah Memainkan Ponsel di Pesawat Meskipun di Pesawat Sudah Memiliki Fasilitas WiFi?-ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Belakangan minggu yang lalu, dunia maya khususnya Facebook dihebohkan dengan sebuah rekaman yang digunakan milik salah satu penumpang pesawat yang mengalami kecelakaan.

Video tersebut di duga video rekaman siaran langsung pemilik akun yang di duga merupakan milik penumpang yang merekam detik-detik jatuhnya pesawat.

Setelah video tersebut beredar, para netizen pun berasumsi bahwa penyebab dari kecelakaan tersebut adalah adanya penumpang yang memainkan ponsel di pesawat.

Alasan ini juga di dukung dengan rekaman video tersebut yang jelas-jelas merekam suasana pesawat secara langsung menggunakan koneksi internet sebelum akhirnya pesawat jatuh dan meledak.

Jadi, sebahaya itukah penggunaan ponsel di pesawat? 

Lalu bagaimana jika saat ini banyak maskapai penerbangan yang memberikan fasilitas WiFi di pesawat jika ponsel di larang digunakan selama penerbangan berlangsung?

Larangan penggunaan ponsel di pesawat sendiri sebenarnya telah ada dalam undang-undang no 1 tahun 2009 tentang penerbangan.

Pada undang-undang tersebut pada pasal 25F berbunyi “Setiap orang di pesawat selama penerbangan dilarang menggunakan perangkat elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan”

 Namun tetap saja, banyak penumpang yang mengabaikan aturan tersebut. Frekuensi pada radio atau ponsel dapat mengganggu sistem navigasi pada pesawat.

Hal ini akan menyulitkan pilot untuk berkomunikasi dengan menara di darat, terutama saat take off atau pun landing.

Lalu bagaimana dengan maskapai yang mempunyai fasilitas WiFi di pesawat? Sebenarnya penggunaan fasilitas WiFi dalam pesawat sah-sah saja.

Karena WiFi yang ada di pesawat memiliki koneksi yang berbeda dibanding dengan wifi rumah biasa.

WiFi pada pesawat dibuat sedemikian rupa agar dapat digunakan tanpa harus mengganggu navigasi di pesawat.

Meskipun begitu, penggunaan ponsel di pesawat tetap tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan hal-hal yang fatal selama penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: