Rosella, Si Cantik Yang Penuh Manfaat

Rosella, Si Cantik Yang Penuh Manfaat

Rosella, Si Cantik Yang Penuh Manfaat-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Seiring perkembangan zaman membuat para peneliti hadir dan mengembangkan suatu hal, yang tadinya dianggap biasa saja dan hanya dikira sebagai tanaman hias ternyata memiliki banyak manfaat, salah satu contohnya bunga Rosella.

Rosella berdaun tunggal, memiliki gerigi pada pinggiran daun dan bulat seperti telur, tangkai daun bulat dan berwarna hijau, berbulu dan giji menyerupai ginjal.

Si cantik  yang berasal dari benua Afrika dengan nama latin Hibiscus sabdrariffah ini banyak tumbuh di negara tropis dan sub tropis. Rosella dikenal memiliki beberapa jenis dan manfaat.

BACA JUGA:Bisnis dan Budidaya Bunga Mawar Pot Banyak Permintaan

Jenis bunga Rosella, di antaranya:

1. Sabdariffa

Memiliki kelopak bunga yang dapat dikonsumsi, biasanya berwarna merah/kuning pucat, Namun jenis ini tidak banyak mengandung serat.

2. Altissima Webster

Berbeda dengan sabdariffa, jenis ini memiliki kelopak yang tidak dapat dikonsumsi, namun tanaman ini relatif  tahan  kekeringan.

Beberapa tahun terakhir ini bunga rosella banyak dicari  sebagai obat,  tingginya manfaat rosella berasal dari bahan kimia alami yang ada pada bagian daun, bunga, batang dan buah. Selain sebagai obat, bunga rosella dapat dibuat menjadi berbagai macam  produk seperti sirup, teh, dan selai.

Berikut beberapa manfaat bunga rosella, diantaranya:

1. Menurunkan berat badan

2. Mencegah penyakit infeksi bakteri

3. Menurunkan Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: