Siwak, Berpahala dan Banyak Manfaatnya

Siwak, Berpahala dan Banyak Manfaatnya

Siwak, Berpahala dan Banyak Manfaatnya-ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Dikutip dari berbagai sumber, Miswak (bahasa Arab) atau yang biasa kita sebut Siwak berasal dari akar tanaman, yaitu pohon Salvadora Persica biasanya Siwak di gunakan untuk membersihkan gigi dan mulut, oleh karena itu semua dahan akar dan pohonnya dapat di gunakan bersiwak tapi harus memenuhi syarat yaitu Lembut berserat dan bersifat basah, dan tidak keras karena dapat merusak gusi dan email gigi.

Bersiwak bukannlah hal yang biasa di lakukan sehari-hari di Indonesia, tapi berbeda di Timur Tengah mereka menggunakan siwak untuk membersihkan mulut terutama gigi. Bukan hanya untuk membersihkan area mulut dan gigi tatapi merupakan Sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

BACA JUGA:Pohon Bidara dan 5 Tanaman Hias Ini Penangkal Sihir, Kamu Pasti Sering Lihat, Berikut Jenisnya

BACA JUGA:Kelapa, Tanaman yang Serbaguna

Dalam sebuah Hadist “ada empat hal yang termasuk dari sunah Rasul,yakni memakai minyak wangi,menikah,bersiwak,dan malu.” (HR Ahmad).

Bahkan dalam satu hadist ,siwak memiliki keutamaan saat memakainya sebelum sholat maka sebanding dengan 70 kali sholat dengan tidak memaki siwak, bahkan dalam bepuasapun Rasulullah SAW tanpa merusak ibadah puasanya. 

“Saya melihat Nabi Muhammad SAW membersihkan gigi dengan siwak ketika beliau berpuasa, berulang kali, hingga saya tidak bisa menghitungnya.” (HR Bukhari).

Sementara dalam hadist lain yaitu “Siwak  membersihkan gigi dan menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga akupun khawatir bahwa menggunakan siwak di Wajibkan, seandainya tidak khawatir akan memebebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

1. Dapat membersihkan mulut.

2. Membuat setan marah.

3. Membuat Allah Ridha.

4. Dapat menguatkan gusi.

5. Disukai Allah dan malaikat pencatat amal baik.

BACA JUGA:Mobil Tanpa Roda, Itulah Sebutan Kerbau Asal Toraja yang Memiliki Harga Nilai Fantastis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: