Kelapa, Tanaman yang Serbaguna

Kelapa, Tanaman yang Serbaguna

Buah Kelapa-Ilustrasi-pixabay

RADARMUKOMUKO.COM - Dikutip dari, wikipedia, Cocos Nucifera atau biasanya kita sebut dengan kelapa, kerambi, atau nyiur dan Kelapa dalam bahasa inggris adalah Coconut, berasal dari kata Portugis dan Spanyol pada abad ke-16,  Coco mempunyai arti “kepala” atau “tengkorak” karena tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. kelapa secara botani  merupakan pohon berbuah bukan kacang-kacangan. 

Kelapa merupakan anggota tunggal dari genusnya yaitu merujuk pada suku aren-arenan (Aracaceae).  Semua bagian pada Kelapa dapat di manfaatkan  maka dari itu Kelapa di sebut dengan tumbuhan serbaguna.

BACA JUGA:BSU Ditiadakan, Tetap Tenang, Ini Daftar Bansos yang Tetap Cair di 2023

Kelapa merupakan tanaman pesisir yang menjadi salah satu favorit para turis dari mancanegara, daging kelapa menjadi sumber makanan di daerah tropis dalam daging kelapa tua terdapat endosperma yang mengandung sejumlah cairan bening yang biasa kita sebut “santan” dan airnya juga disebut “jus kelapa”,  bahkan kelapa pun dapat di gunakan dalam kecantikan.

Tumbuhan ini berasal dari samudra India tapi sekarang telah menyebar di seluruh pantai tropis dunia.

Kelapa dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1.300-2.300 mm per-tahun, dan bahkan dapat tumbuh di curah hujan 3.800 mm per-tahun dan ternyata kelapa juga banyak jenisnya loh, yaitu.

1. Kelapa Wulung

Sama seperti kelapa biasanya yaitu berwarna hijau namun ketika dikupas kelapa ini memiliki warna merah muda keunguan. Airnya berasa sedikit pahit, namun memiliki nutrisi yang baik dari pada jenis kelapa lainnya, karna mengandung Fruktosa, Mineral, Sakarosa Glukosa, asam amino, Tanin, Riboflavin, Sistin, Arginin, Alanin, Biotin, Alin dan Pantotenat.

2. Kelapa Hijau

Adalah kelapa yang biasa dijual di pinggir jalan, kelapanya berwarna hijau biasanya di kenal dengan kelapa obat di masyarakat, kelapa ini digemari karna mempunyai manfaat bagi kesehatan karna kelapa ini dapat digunakan sebagai Detoks (penawar racun) bagi tubuh.

3. Kelapa Merah

Memiliki kulit coklat kemerahan, mengandung minyak yang cukup tinggi, bagus dikonsumsi bagi wanita hamil, karna mengandung Klorida, Potasium dan Klasium dapat menjadi penawar  racun  dan antioksidannya membantu melawan penyakit.

4. Kelapa Getah Entok

Berbuah banyak sekali memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning, dapat mengobati diare, meredakan nyeri haid, menurunkan panas atau demam, dan dapat mengobati luka bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: