Minum Kopi Pagi Hari, Ini Manfaat dan Bahayanya

Minum Kopi Pagi Hari, Ini Manfaat dan Bahayanya

Minum Kopi Pagi Hari, Ini Manfaat dan Bahayanya-Amris-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM – Minum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Bahkan banyak yang merasa belum bersemangat dan ada yang kurang, jika belum meminum kopi.

Menurut berbagai pendapat dan penelitian, minum kopi memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan hingga menurunkan risiko mengembangkan berbagai penyakit serius. 

Apa saja manfaat minum kopi di pagi hari, dikutip dari doktersehat.com, berikut manfaatnya :

1. Meningkatkan energi Siapa pun yang minum setidaknya satu cangkir kopi akan merasa berenergi.

Faktanya, beberapa penelitian menegaskan bahwa minum kopi akan membantu seseorang merasa lebih terjaga dan waspada daripada yang seharusnya. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang hampir di setiap negara mengonsumsi kopi di pagi hari, bahkan beberapa orang tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi. 

2. Meningkatkan penurunan berat badan Kopi mengandung kafein yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein saat menjalani diet mengalami peningkatan energi, yang pada gilirannya menyebabkan rasa lapar berkurang.

Sementara beberapa penelitian lain memperoleh hasil yang serupa, ada juga beberapa yang menemukan bahwa kafein menyebabkan penambahan berat badan (dan retensi air berlebih) jika dikonsumsi oleh orang yang kelebihan berat badan. 

BACA JUGA:Ratusan Usaha Sarang Burung Walet Hindari Pajak, Ini Faktanya

BACA JUGA:KB Mukomuko Racik Daun Kelor jadi Menu Bergizi, Raih Rekor Nasional Cegah Stunting

3. Meningkatkan fungsi otak Kopi memiliki antioksidan dan nutrisi lain yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum kopi setiap hari bisa membantu melindungi otak dari penurunan terkait usia.

Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi. Dengan kata lain, manfaat minum kopi di pagi hari bisa membantu  untuk tetap fokus. Tidak hanya itu, kopi juga dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

4. Menjaga kesehatan hati Minum kopi di pagi hari dapat melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: