Bisnis Teras Buah Hijau, Bisnis Mengiurkan dan Ramah Lingkungan

Bisnis Teras Buah Hijau, Bisnis Mengiurkan dan Ramah Lingkungan

Bisnis Teras Buah Hijau, Bisnis Mengiurkan dan Ramah Lingkungan--

RADARMUKOMUKO.COM -  Tanaman yang bernama latin Persea Americana merupakan tanaman yang tergolong dalam jenis buah-buahan. 

Buah ini awalnya banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika tengah. Seiring berjalannya waktu, tanaman alpukat dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. 

Dulu, jika ingin budidaya pohon alpukat, kita harus memiliki lahan cukup luas untuk menumbuhkannya. 

Berbeda dengan sekarang satu-dua poon avokad tumbuh di halaman rumah-rumah di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. 

BACA JUGA:Daftar Daerah Penghasil Sawit, Terbanyak di 5 Provinsi Ini

Menurut penangkar alvokad di Kelurahan Kukusan, Marjuni, Karena hanya tumbuh 1-2 pohon di halaman rumah, Warga pun merawat seadanya. 

Para pemilik pohon biasanya hanya menyiram bibit Persea americana dengan air cucian beras atau air cucian ikan saat usai memasak. 

Meski hanya mendapat perawatan ala kadarnya, pohon alpukat di kawasan itu tetap tumbuh subur.

Pemilik pohon avokad di depan rumah Marjuni bahkan berbuah sangat lebat. Kualitas buah juga bagus, berdaging buah kuning, rasa legit dan sedikiti manis. 

Itulah pada saat sedang musim berbuah banyak pengepul keliling ke rumah warga yang memiliki avokad untuk membeli dan memborong buah.

BACA JUGA:Jangan Kaget, Semua Desa Wajib Terapkan Sistem Keuangan Desa Terbaru

Selain menangkarkan bibit tanaman buah, Marjuni juga pemasok buah avokad. Meski merawat avokad relatif mudah, bukan berarti perawatan sekadarnya juga diterapkan saat mengebunkan avokad di lahan yang lebih luas.

Pemupukan mesti rutin agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Gun memberikan 20 kg pupuk kandang dan 2 kg NPK berimbang per pohon setiap 4 bulan.

Pekebun avokad di Kecamatan Cariu,Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Eflin Sirait, bahkan rutin menyemprot ke tanaman alpukat dengan fungisida yang juga mengandung zat pengatur tumbuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: