Tingkatkan Keberhasilan Pembuatan Zaitun, Ini Tipsnya

Tingkatkan Keberhasilan Pembuatan Zaitun, Ini Tipsnya

Menanam zaitun di tanah air membuat penangkar memperbanyak Olea eoropaea itu. Mereka memperbanyak tanaman lambang perdamaian itu dengan stek dan cangkok.-Ilustrasi - pexels

RADARMUKOMUKO.COM - Menanam zaitun di tanah air membuat penangkar memperbanyak Olea eoropaea itu. Mereka memperbanyak tanaman lambang perdamaian itu dengan stek dan cangkok. hampir semua penangkar mengeluh akan sulitnya memperbanyak zaitun. pengalaman untuk memperbanyak zaitun dengan cangkok.

la menggunakan batang berdiameter 0,5 cm dengan media tanam sekam bakar dan sedikit tanah merah dengan mempertahankan kelembapan media 60%. Saat mencangkok harus menutup rapat media dengan plastik untuk mencegah penguapan. Akar tumbuh dan cangkokan siap dipindahkan ke lahan pada bulan ke-2. Dengan tiga kali mencangkok zaitun dari satu induk. Diameter batang terlampau kecil menjadi kendala sehingga tingkat keberhasilannya hanya meningkat 40%.

BACA JUGA:Kebijakan PPKM Dicabut, Daerah Tetap Buka Layanan Vaksinasi Covid-19

menyetek zaitun. Dalam 21 hari setek pohon perdamaian itu siap tanam. Tingkat keberhasilan perbanyakan dengan setek bisa mencapai 80%.dengan memanfaatkan gelas kemasan air minum, jaring, dan sungkup plastik ultraviolet berukuran 3 m x 4 m.

Namun, jalan sukses itu tidak diraih dalam sekejap perlu setidaknya 10 kali menguji coba hingga akhirnya berhasil.

Ia menggunakan plastik ultraviolet untuk dan dua lapis jaring untuk menutupi ruang pengabutan berukuran w 3 x 4 m berkerangka besi. Tujuannya untuk mengurangi intensitas sinar matahari. Ruang itu untuk merawat setek sampai keluar akar pada percobaan pertama ia mengambil 500 setek dari 20 induk. Tinggi setek 10 cm, media menggunakan busa basah berukuran 10 cm x 10 cm x 10 cm, Percobaan pertama gagal dan tak satu pun setek berakar.

BACA JUGA:Wow! Di Talang Buai Ada Wisata, Sangat Menawan Cocok Untuk Instagramable

Masih penasaran sehingga melakukan percobaan kedua. Metode sama dan 10% berhasil tumbuh. 

Pada eksperimen ketiga, pria yang tinggal di Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, itu sukses menumbuhkan setek. 

Tingkat keberhasilan40%. Bahkan, sejak percobaan ke-4 hingga ke-10 tingkat keberhasilan hingga 80%.Kuncinya, menggunakan batang berukuran 15-20 cm dari bagian ujung pasti berhasil. Bagian pucuk dipotong sepanjang 2 cm.

Untuk memperbanyak zaitun, Yusuf menggunakan batang hijau sepanjang 10 cm, tidak terlalu tua, dan tidak terlalu muda. Batang kaku menandakan tua sedangkan bagian pucuk-kira-kira 2 cm-dipotong.

BACA JUGA:Dua SPBU di Mukomuko Layani Pengisian BBM Nelayan, Kuota Terbatas

la mengolesi setiap pangkal setek dengan ZPT dan diletakkan dalam rangka pengabutan. Selain itu a mengurangi dan untuk memperkecil penguapan. Yusuf memanfaatkan sekam, pasir, serbuk sabut kelapa dengan perbandingan 33 : 1 : 2 sebagai media. Penggunaan batang jauh dari puck masih masih dapat dilakukan. Namun, tingkat keberhasilannya lebih rendah dibandingkan setek pucuk. Artikel ini dikutip dari Trubus edisi 522 dengan judul “Setek Pilihan Terbaik”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: