6 Cara Mencegah Anak Kecanduan Bermain HP, Cara Nomor 6 Paling Berat

6 Cara Mencegah Anak Kecanduan Bermain HP, Cara Nomor 6 Paling Berat

6 Cara Mencegah Anak Kecanduan Bermain HP, Cara Nomor 6 Paling Berat-Amris-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - Penggunaan Handphone atau HP atau gadget, sudah menjadi kebutuhan. Bagi mayoritas orang ketinggalan Hp saat bepergian adalah masalah besar.

Di manapun dan dalam kondisi apapun, bermain HP tidak pernah absen dari aktivitas. Baik untuk hal yang memang penting ataupun sekedar memeriksa dan melihat-lihat pesan masuk atau informasi baru. 

BACA JUGA:Jalan Provinsi Ini Bikin Menggelegar, Begini Kata Warga

Kebiasaan bermain HP juga menjalar ke anak-anak. Mungkin salah satu penyebabnya, karena sering melihat orang tua atau orang-orang sekitarnya tampak asik menggunakan HP. Mungkin saat bermain HP anak tidak rewel dan mengganggu aktivitas orang tua. Tapi bermain HP bagi anak tidak baik dan membahayakan secara fisik, mental dan perkembangan otak. 

Mungkin ini berguna, ada 6 tips mengatasi anak kecanduan main handphone di kutip dari banyak sumber :

1. Batasi waktu penggunaan

Batasi penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi kelompok umurnya. The American Academy of Pediatrics menerbitkan pedoman screen time seperti berikut ini:

• Anak-anak di bawah usia 2 tahun: sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, termasuk TV, handphone dan tablet.

• Anak-anak usia 2 sampai 4 tahun: kurang dari satu jam sehari.

• Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional (di luar kebutuhan belajar).

2. Beri jadwal

Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

BACA JUGA:Sering Ngopi di Pagi Hari Ternyata Memicu Beberapa Dampak Buruk, Apa Saja?

3. Jangan beri akses penuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: