Secara Swadaya, Pemdes Sumber Makmur Bangun Balai Makam

Secara Swadaya, Pemdes Sumber Makmur Bangun Balai Makam

Pemdes Sumber Makmur Bangun Balai Makam--

Bupati Lakukan Peletakan Batu Pertama

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk pinang, bersama warga desa secara swadaya membangun balai makam desa. Dalam pembangunan ini turut di hadiri oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan ,SE, MM, Ak, CA, CPA untuk peletakan batu pertama.

Dalam sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi kekompakan dan kreativitas masyarakat Desa Sumber Makmur.

Dengan adanya balai makam ini masyarakat desa dapat melestarikan budaya atau kearifan desa.

BACA JUGA:5 Objek Wisata di Mukomuko yang Cocok Menjadi Tempat Bersantai Saat Hari Libur

Untuk percepatan pembangunan balai makam ini, kata Bupati, pemerintah daerah berupaya untuk memberikan kontribusi. Agar pembangunan ini bias cepat selsai dikerjakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

‘’Apa yang telah dilaksanakan masyarakat desa bersama Pemerintah Desa Sumber ini patut di apresiasi dan dicontoh oleh desa lain. Bahwasanya setiap upgrade pembangunan harus diawali dari tingkat bawah, sehingga pemerintah daerah tinggal meneruskan,’’ sampai Bupati.

Kades Sumber Makmur, Hadi Sulistio menyampaikan, bahwa tokoh masyarakat sudah lama merencanakan pembangunan balai makam ini.

Hanya saja masih terkendala dengan dana untuk pembangunan.

BACA JUGA:Di Daerah Ini, Ratusan Siswi SMP Dan SMA Sudah Hamil

Namun impian masyarakat bias terwujud meskipun pembangunannya secara bertahap.

Dikatakannya juga, adapun kegunaan balai makam ini sebagai tempat masyarakat desa jika melakukan aktivitas di makam. Baik itu ziarah maupun tradisi nyadran yang dilaksanakan setiap tahunnya menjelang bulan suci Ramadhan.

‘’Setiap tahun menjelang ramadhan warga desa rutin melaksanakan nyandran atau doa bersama untuk mendoakan leluhur. Tradisi ini merupakan tardisi yang masih kental di masyarakat Jawa. Sehingga balai makam ini sangat diperlukan untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di makam atau TPU ini,’’  ujar Hadi.

BACA JUGA:Hemat, Bertanam Cabai dengan Teknologi Hidroponik Hemat Air dan Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: