Ini Desa yang Ditargetkan Menjadi Desa Mandiri

Ini Desa yang Ditargetkan Menjadi Desa Mandiri

Ini Desa yang Ditargetkan Menjadi Desa Mandiri-IST-radarmukomuko.com

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM – Hingga kini belum satupun desa di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang yang berstatus desa mandiri.

Namun dari sebanyak 7 desa di wilayah tersebut, dua desa berpeluang menjadi desa mandiri. Diantarannya Desa Sumber Makmur dan Desa Lubuk Pinang.

Dimana kedua desa tersebut berdasarkan status IDM 2022, sudah berstatus desa maju. Menurut Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE, kedua desa tersebut memang berpeluang menjadi desa mandiri.

Dengan ini diharapkannya kedua desa tersebut bisa menjadi desa pertama yang berstatus desa mandiri di Kecamatan Lubuk Pinang.

BACA JUGA:Bendahara Desa Hanya Boleh Pegang Uang Cash Rp 10 Juta, Ini Alasannya

‘’Selama ini kendalanya PADes desa masih lemah dan belum ada peraturan desa (Perdes) terkait PADes-nya. Secara pontensial kedua desa ini memiliki PADes namun belum ada Perdesnya sehingga PADes-nya masih rendah. Padahal itu salah satu syaratnya untuk menjadi desa mandiri,’’ terang Firdiantoni.

Dikatakannya juga, jika desa menjadi desa mandiri sangat banyak keuntungan bagi desa itu sendiri.

Dimana berkembangnya potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya melalui penciptaan lapangan kerja.

Meningkatnya kegiatan usaha ekonomi dan budaya berbasis kearifan lokal di desa, meningkatnya kemandirian desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

Yang lebih menguntungkan lagi jika sudah menjadi desa mandiri yaitu pencairan dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) hanya dua tahap.

Pada tahap I 40 persen dan tahap II 60 persen.

BACA JUGA:Waw! Harga Sawit Diprediksi Capai Rp 4000, Ini Dasarnya

‘’Jadi sangat banyak keuntungannya menjadi desa mandiri. Untuk itu kita terus mendorong dua desa ini menjadi desa mandiri,’’ ujar Firdiantoni.

Sambungnya, sesuai dengan ststus IDM 2022, dari sebanyak 7 desa di wilayah ini 5 desa sudah berstatus desa maju dan dua desa masih berstatus desa berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: