Bentuk Transparansi Pengunaan DD dan ADD Tahun Anggaran 2022

Bentuk Transparansi Pengunaan DD dan ADD Tahun Anggaran 2022

Radar Mukomuko--

Pemdes Lubuk Sanai Sampaikan Pertanggungjawaban APBDes 

XIV KOTO, RADARMUKOMUKO.COM - Sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Pemerintah Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto, laksanakan rapat tentang laporan Pertanggungjawaban  Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2022.

Rapat berlangsung di kantor desa setempat dengan dihadiri segenap tokoh masyarakat, Rabu (11/1). 

BACA JUGA:Banyak Pejabat Pajang Foto Keluarga di Ruang Kerja, Ini Alasannya

Dalam Laporan tersebut termuat juga catatan atas laporan realisasi APBDes tahun 2022, mulai dari realisasi belanja di lima bidang.

Diantaranya bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan, pemberdayaan dan penanggulangan bencana. Serta laporan pertanggubjawaban sisa belanja APBDes. 

Kepala Desa, Mutriadi menyampaikan, transparansi  ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang pengelolaan keuangan desa.

Mulai yang mencakup Pendapatan Desa yang berasal dari beberapa sumber yaitu Pendapatan Asli Desa (PADes), DD dan ADD.

BACA JUGA:Kisah Aneh di Balik Makam Daeng Maleini Leluhur Suku Gersik Mukomuko

Publikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengakses informasi tentang keuangan desa dengan mudah untuk tahun anggaran yang sudah berjalan.

‘’Inilah bentuk transparansi pemerintah desa pada warga desa dalam pengelolaan DD dan ADD, termasuk juga PADes. Dan laporan pertanggungjawaban ini juga merupakan kewajiban kita sampaikan, untuk menyatakan bahwa kegiatan yang di biayai PADes, DD dan ADD telah selesai,’’ ujar Mutriadi.

Disampaikannya juga, terlaksananya kegiatan APBDes 2022 tak lepas dari dukungan masyarakat desa, kecamatan, BPD, pendamping desa serta pihak lainnya.

Dengan ini, diharapkannya segenap elemen masyarakat agar dapat terus mendukung program pembangunan Pemerintah Desa Lubuk Sanai kedepannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: