Upaya Kades Suka Pindah, Dedi Sumarlin Bangun Desa

Upaya Kades Suka Pindah, Dedi Sumarlin Bangun Desa

Kades Suka Pindah siap optimalkan pembangunan desa--

Fokus Peningkatan Infrastruktur dan Pertanian

LUBUK PINANG. RADARMUKOMUKO.COM - Upaya Kepala Desa (Kades) Suka Pindah, Kecamatan Lubuk Pinang, Dedi Sumarlin, untuk membangun desa terus dioptimalkan. Meskipun baru menjabat, dia sudah memetakan cara dan konsep untuk memajukan desa yang dipimpinnya. Yang menjadi fokus ialah peningkatan infrastruktur di setiap dusun. Inovasi dari pertanian dan pemberdayaan masyarakat desa. Dedi Sumarlin membenarkan dirinya baru menjabat. Namun demi mengembangkan serta memajukan desa yang dipimpinnya, pihaknya fokus pada peningkatan infrastruktur dan pertanian. Sebab, ketika infrastruktur bagus, perekonomian di desa juga akan meningkat.

BACA JUGA:Presiden Soekarno, Soeharto dan SBY Pernah ke Mukomuko, Simak Misinya

''Tahun ini kami hanya fokus peningkatan akses pertanian di desa. Baik itu pengoralan jalan usaha tani maupun rabat beton,'' ujar Dedi saat di wawancarai Senin (9/1).

Dalam pembangunan tahun ini yang bersumber dari dana desa, pihaknya akan melakukan pengoralan JUT di Sungai Ijuk sepanjang 800 meter. Kemudian melakukan rabat beton di lokasi yang sama.

BACA JUGA:Jalan Tol Bengkulu Sudah Dibuka, Khusus Pemula Begini Cara Masuk Jalan Tol

Difokusnya pembangunan di Sungai Ijuk, mengingat banyak perkebunan dan persawahan warga di wilayah tersebut.

Dimana selama ini warga kesulitan mengeluarkan hasil panennya akibat jalan yang sulit dilewati kendaraan.

BACA JUGA:Pencuri Terekam CCTV Diburu Polisi, Ciri-ciri Sudah Diketahui Korban, Tapi Takut Salah Tuduh

''Namun kita tetap melihat dari jumlah dana desa yang kita terima, mudah-mudahan cukup untuk pembangunan itu nantinya,'' kata Dedi.

Tambahnya, pihaknya memang ingin mendahulukan prasarana transportasi atau akses untuk pertanian.

Supaya masyarakat nyaman melewati akses pertanian tersebut. Ketika akses transportasi nyaman, menurutnya, perekonomian warga semakin meningkat juga.

BACA JUGA:Anak SD Korban Lato-lato Terpaksa Operasi Mata, Pemkab Larang Mainkan Lato-lato di Sekolah

''Kita akan berupaya semaksimal mungkin agar akses pertanian di desa ini lancar. Karena akses itu salah satu pendorong untuk peningkatan perekonomian warga desa. Apalagi warga kita manyoritas petani,'' tutup Dedi Sumarlin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: