Presiden Soekarno, Soeharto dan SBY Pernah ke Mukomuko, Simak Misinya

Presiden Soekarno, Soeharto dan SBY Pernah ke Mukomuko, Simak Misinya

Presiden Soekarno, Soeharto dan SBY Pernah ke Mukomuk--

Mukomuko, Radarmukomuko.com – Sejarah dari masa ke masa. Tiga orang Presiden Republik Indonesia, Presiden Ir. Soekarno, Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono pernah menginjak sepatunya di tanah Mukomuko, Bengkulu. 

Menurut warga Mukomuko Musfar Rusli, dalam sejarah, Presiden Ir. Soekarno menginjak tanah Mukomuko pada bulan Mei tahun 1948. 

BACA JUGA:Jalan Tol Bengkulu Sudah Dibuka, Khusus Pemula Begini Cara Masuk Jalan Tol

Konon, Presiden Soekarno pernah singgah bermalam di sebuah rumah warga Pasar Mukomuko. 

‘’Seketika itu dia (Presiden) melakukan perjalanan menuju Bukit Tinggi, Sumatera Barat semasa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI),’’ ungkap Musfar.

Di tahun 1989, Mukomuko kembali dikunjungi oleh Presiden Soeharto. Kedatangan Presiden Republik Indonesia ke 2 tersebut dalam misi meresmikan Bendungan Air Manjuto.

BACA JUGA:Pernah Dipecat dan Terpilih Kembali, Kades Ini Hanya Dilantik Camat

Dijelaskan Musfar, Bendungan Air Manjuto merupakan bendungan terbesar di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Terletak di Desa Lalang Luas, Kecamatan V Koto, Mukomuko dan mampu mengairi sawah seluas 2000 hektare. 

‘’Hingga kini, bendungan ini masih mengundang asas manfaat sebagai sumber pengairan sawah ribuan petani,’’ terang Musfar.  

BACA JUGA:Anak SD Korban Lato-lato Terpaksa Operasi Mata, Pemkab Larang Mainkan Lato-lato di Sekolah

Kemudian, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden pertama di era reformasi ini menginjak sepatu ke Kabupaten Mukomuko, pasca gempa 12 September 2007. 

Kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan, dalam rangka meninjau situasi dan kondisi masyarakat korban gempa.* 

‘’Sepanjang yang kami ketahui, Presiden SBY ke Mukomuko dalam misi meninjau korban gempa,’’ ulas Musfar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: