Bendungan Air Manjuto Aliri Ribuan Hektare Sawah

Bendungan Air Manjuto Aliri Ribuan Hektare Sawah

Bendungan Air Manjuto--

V KOTO, RADARMUKOMUKO.COM - Bendungan Air Manjunto yang terletak di Desa Lubuk Cabau, Kecamatan V Koto merupakan bendungan yang terbesar di Kabupaten Mukomuko.

Bendungan yang dibangunan pada masa pemerintahan orde baru yaitu masa pimpinan Soeharto, mampu mengairi ribuan hektare sawah milik masyarakat.

Berdasarkan data dari UPTD Pengairan DI Manjuto, untuk sayap kanan lahan potensial yaitu 6285,25 hektare dan lahan fungsional seluas 2825 hektare. Sedangkan sayap kiri atau Manjuto kiri, lahan potensial 3207,75 hektare dan lahan fungsionalnya 1315,5 hektare.

BACA JUGA:Begini Kronologis Pencabulan Anak Bawah Umur oleh Pelaku, Hingga Hamil 6 Minggu

''Bendungan Air Manjuto ini mampu mengairi ribuan hektare sawah milik masyarakat di wilayah ini. Baik itu di Manjuto kanan maupun di Manjuto kiri dengan ketersediaan air yang melimpah,'' ungkap Kepala UPTD DI Manjuto, Debiriadi, SP.

BACA JUGA:2023 Tanpa Penyakit Mental, Ikuti Cara Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Lanjutnya, Bendungan Air Manjuto ini mempunyai bentang sepanjang 86 meter dan mercu 100, termasuk penguras.

Sementara itu, panjang saluran kanan mencapai hingga 36.013 kilometer dan panjang saluran kiri mencapai 70.756 kilometer.

BACA JUGA:Bawa Misi Ini, Kapolres Datangi Sekolah Alfath Juan, Anggota Paskibraka Tingkat Nasional dari Mukomuko

Sehingga bendungan ini memiliki nilai kemanfaatan yang tinggi bagi warga setempat yang memang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Tidak hanya untuk aktivitas pertanian saja, tetapi sebagai sumber air bersih bagi masyarakat.

BACA JUGA:Air Bikuk Tetapkan 23 KPM BLT-DD 2023

''Dampak bendungan ini telah menjadikan perubahan pola tanam masyarakat di wilayah ini. Yang semula lebih banyak beraktivitas di kebun sawit, sekarang fokus pada tanaman pangan,'' tutur Debiriadi. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: