Cicak Takut dengan Bawang, Apa Benar?

Cicak Takut dengan Bawang, Apa Benar?

Cicak Takut dengan Bawang, Benarkah?--

RADARMUKOMUKO.COM - Cicak adalah spesies reptil yang tergolong dalam keluarga Gekkonidae atau Tokek.

Hewan yang identik dengan merayap ini memiliki banyak genus tapi spesies yang hidup berdampingan dengan manusia di rumah-rumah itu adalah termasuk dalam Hemidactylus Frenatus.

BACA JUGA:Bawaslu Tegur KPU Usai Lantik PPK, Ini Sebabnya?

Secara umum cicak merupakan jenis reptil yang mengandalkan indra penciuman melalui lidah untuk mendeteksi mangsa dan meradar kondisi lingkungan sekitarnya. Karena itu pula cicak sering terlihat menjulurkan lidahnya sesekali dengan cepat. 

Cara kerja indra penciuman cicak dikatakan mirip seperti ular atau jenis kadal lainnya yaitu mendeteksi molekul aroma dari udara. 

BACA JUGA:Dewan : Sertifikat Tumpang Tindih Penyebab Konflik Agraria

Tak heran jika di dalam suatu ruangan terdapat kerumunan nyamuk, makanan terbuka atau serangga kecil lain yang menjadi makanannya, cicak dapat dengan mudah menemukan lokasi tersebut.

Dengan indra penciumannya yang sangat sensitif ini, cicak rupanya juga dapat merasa terganggu dengan aroma tajam yang akan membuatnya menjauh dari lokasi tersebut, terutama bau bawang0

BACA JUGA:Siang Hari, Rumah Warga Dikepung Sijago Merah

Aroma bawang yang diiris akan mengeluarkan senyawa atau zat yang dapat menguap ke udara sehingga menimbulkan aroma tajam yang dapat bertindak sebagai pengusir hama, seperti nyamuk, tikus, dan juga cicak.

Dilansir Live Space, penggunaan bawang ini termasuk solusi efektif dalam mengusir cicak di rumah dan mencegahnya untuk datang ke sudut ruangan yang terdapat bawang, khususnya bawang bombai atau bawang putih.

BACA JUGA:Inovasi Baru, Ban Tanpa Angin akan Segera Hadir !

Cara mengusir cicak dengan bawang ini juga cukup mudah, selain meletakkan beberapa irisan bawang putih atau bombai, potongan bawang juga bisa dicampurkan ke dalam air dan dimasukkan ke dalam botol semprot.

Kemudian semprotkan cairan itu ke area dinding atau sudut rumah yang sering dilewati atau didatangi cicak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: