Nasi atau Kentang, Mana yang Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan?

Nasi atau Kentang, Mana yang Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan?

Nasi-Ilustrasi-www.pexels.com

RADARMUKOMUKO.COM - Memilih makanan yang tepat dalam program menurunkan berat badan perlu diperhatikan. Jangan sampai salah memilih makanan malah justru menambah berat badan.

Salah satu permasalahan yang sering ditemukan ketika seseorang dalam program diet adalah bingung memilih untuk makan nasi atau kentang.

BACA JUGA:Alasan Mahasiswa Berterimakasih dengan Pencuri Bikin Polisi Tertawa

Sebagai salah satu makanan pokok, masyarakat Indonesia rasanya tidak puas kalau belum menyantap nasi. 

Padahal, banyak sekali sumber karbohidrat yang nutrisinya tak kalah dengan sehat dibanding nasi, misalnya kentang, ubi, singkong, ataupun jagung.

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing, Stop Lakukan Hal Ini Agar Skincare Tidak Sia-Sia

Lalu, mana di antara nasi dan kentang, mana yang mampu membantu menurunkan berat badan?

Menurut Live Strong, ternyata kentang merupakan pilihan yang lebih sehat dalam hal makronutrien.

BACA JUGA:Cara Perlahan Untuk Meminimalisir Rasa Insecure Pada Diri Anda

Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan yang lebih rendah kalori dan lemak serta kaya akan serat. Walau begitu, protein yang dibutuhkan tetapi lebih tinggi nasi.

United States Department of Agriculture (USDA) mencatat 100 gram kentang rebus tanpa kulit dan garam mengandung sekitar 86 kalori, sedangkan nasi putih memiliki 130 kalori.

BACA JUGA:Pria Malu Kontak Mata Saat Bicara, Ada Beberapa Alasannya

Selain itu, kentang mengandung lebih banyak mineral daripada nasi, termasuk magnesium, fosfor, dan kalium. Bahkan, kentang mempunyai nutrisi dan zat antioksidan yang tidak bisa didapatkan pada nasi, misalnya vitamin K serta lutein dan zeaxanthin, sehingga sangat cocok digunakan untuk program diet.

Akan tetapi, perlu diperhatikan untuk mengingat Indeks Glikemik (IG) dan gula yang tinggi pada kentang. Pasalnya, nasi hanya memiliki 0,05 gram gula dengan total GI sebesar 73. Di sisi lain, kentang mengandung 0,89 gram gula dengan total GI sebanyak 78.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: