Palung Mariana Rumah Bagi Hewan Aneh di Dunia

Palung Mariana Rumah Bagi Hewan Aneh di Dunia

Palung Mariana Rumah Bagi Hewan Aneh di Dunia--

RADARMUKOMUKO.COM - Pernahkah kita berpikir bahwa ternyata ada suatu tempat dimana tempat itu merupakan rumah bagi hewan-hewan aneh dan mengerikan di dunia ini?.

Inilah dia Palung Mariana. Palung Mariana adalah palung terdalam di dunia yang lokasinya berada di kerak Bumi tepatnya di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana dan begitu dekat dengan Jepang.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Resmi Dibuka, Segera Daftar Sebelum Kehabisan Kuota

Palung Mariana memiliki kedalaman begitu jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh bila dibandingkan dengan ketinggian Gunung Everest. 

Diketahui, Palung Mariana memiliki kedalaman maksimum 11.035 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut atau sekitar 35 kali tinggi Menara Eiffel.

BACA JUGA:Akhirnya Indonesia Bertemu Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Palung ini ditemukan pertama kali pada tahun 1875 yang ditemukan oleh peneliti  dalam Kapal Angkatan Laut Britania HMS Challenger pada 1875.  

Setelah ekspedisi pertama yang dilakukan HMS Challenger, kedalaman laut ini diteliti lagi oleh HMS Challenger II pada 1951.

BACA JUGA:Cara Perlahan Untuk Meminimalisir Rasa Insecure Pada Diri Anda

Pengukuran kedalaman palung ini diukur dengan menggunakan metode gema pada suara. Penyuaraan diulang berkali-kali menggunakan earphone untuk mendengar sinyal yang kembali ketika stylus melewati skala kedalaman graduated. 

Sementara itu ketika pengukuran waktu kecepatan mesin gema-suara, sebuah bagian yang diperlukan dari proses ini, ditangani dengan stopwatch.

BACA JUGA:Demi Fans, Lulu JKT48 Rela Naik Bus 20 Jam Bengkulu - Jakarta

Seorang Ilmuwan dari Scripps Institute of Oceanography di University California San Diego berhasil menemukan makhluk hidup aneh di Palung Mariana. 

Setidaknya ada tiga jenis makhluk hidup aneh di sana, yakni amuba raksasa (xenophyophores), udang tak bercangkang (Amphipoda), dan teripang kerdil (holothurian). (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: