Segini Gaji PPK, di Bawah UMK Tapi Lumayan

Segini Gaji PPK, di Bawah UMK Tapi Lumayan

Segini Gaji PPK, di Bawah UMK Tapi Lumayan-ilustrasi-

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko, sudah melantik sebanyak 75 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Mereka mulai ditugaskan di 15 kecamatan. 

Di mana masing-masing kecamatan sebanyak lima orang PPK. Mereka bertanggungjawab menyukseskan pemilu legislatif dan Pilpres serentak 2024. Artinya peran mereka sangat penting dan resiko pekerjaan cukup berat. Berapa gaji PPK per-bulannya?

BACA JUGA:75 Anggota PPK Mukomuko Dilantik KPU, Tugasnya Apa?

Menurut keterangan dari Ketua KPU Mukomuko, Irsyad Kamarudin, gaji PPK per-bulannya untuk anggota adalah Rp 2,3 juta. Sedangkan untuk gaji ketua PPK lebih besar, yaitu Rp 2.5 per-bulannya. Gaji PPK ini, masih di bawah Upah minimum kabupaten (UMK). Di mana UMK Mukomuko mulai tahun ini adalah Rp 2,7 juta lebih.

‘’Gaji ketua memang ada tambahan sedikit dari anggota, tapi tidak jauh. Untuk anggota Rp 2.300.000 dan ketua Rp 2.500.000 ribu. Gaji inipun masih dipotong pajak,’’ kata Irsyad.

BACA JUGA:Penolakan Perpanjangan HGU DDP Dibahas Ombudsman

Terkait besaran gaji bulanan ini, sudah ketentuan dari KPU RI, sebab terkait keuangan pemilu, seluruhnya diatur langsung pusat. Selain itu, PPK juga akan mendapat anggaran operasional di sekretariat.

‘’Ada juga anggaran operasional kegiatan, itu nanti pusatnya di sekretariat kecamatan. Besarannya juga sudah ditentukan, kemungkinan semua kecamatan sama,’’ paparnya.

BACA JUGA:Waspada, Kades Minta Pulsa via Whatsapp

Diharapkan seluruh PPK bekerja secara maksimal dan penuh tanggung jawab untuk menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Dimana harus memiliki integritas, profesionalitas dan loyalitas. PPK yang sudah dilantik, sebelum ditugaskan akan mengikuti Bimtek. Ada beberapa materi penting yang diberikan.

Narasumbernya, kapolres, ketua DPRD, Penjabat Sekda dan Bawaslu Mukomuko. Materi yang diberikan, berkaitan dengan kepemiluan.

BACA JUGA:Harga TBS Sawit 2023 Diprediksi Dibawah 2022, Begini Penjelasannya?

''Mereka akan mengikuti bimbingan teknis selama dua hari, narasumbernya dari yang berkompeten,'' tuturnya.

Masih dijelaskan, tugas PPK cukup berat, maka mereka perlu kesiapan matang. Ia yakin orang-orang yang terpilih ini adalah yang terbaik dan siap menyukseskan pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: