Seragam Sekolah Gratis SD dan SMP Mulai Disiapkan

Seragam Sekolah Gratis SD dan SMP Mulai Disiapkan

Seragam Sekolah Gratis SD dan SMP Mulai Disiapkan--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Sukses pada tahun pertama, pengadaan seragam sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP berlanjut tahun ini. Bahkan kabarnya dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) selaku leading sektor kegiatan sudah bersiap memulai tahapan pengadaan seragam, implementasi dari visi dan misi bupati tersebut.

BACA JUGA:Harga TBS Sawit 2023 Diprediksi Dibawah 2022, Begini Penjelasannya?

Kabid Dikdas, Disdikbud Mukomuko, Arni Gusnita, S.Pd.AUD menjelaskan, pengadaan seragam sekolah gratis bagi pelajar SD dan SMP ditargetkan sudah kontrak dengan pihak rekanan pada maret nanti. Pengadaan dipercepat supaya seragam sekolah gratis bisa dibagikan tepat saat awak anak masuk sekolah pada tahun ajaran 2023-2024 Bulan Juli mendatang. 

BACA JUGA:Lima Desa di Kecamatan Lubuk Pinang Sudah Mengesahkan APBDes 2023

‘’Tahun kemarin, sukses dilakukan walau perdana. Program seragam sekolah gratis ini terus dilanjutkan. Pengadaan diupayakan dipercepat, agar saat anak sekolah baru masuk, seragam langsung dibagikan,’’ katanya.  

Lanjutnya, mekanisme pengadaan tetap e-katalog. Dengan demikian prosesnya lebih mudah. Ia yakin bisa cepat, sebab pengalaman tahun lalu, sejak kontrak dijalin dengan pihak ketiga, pengadaan 5.861 paket terdiri dari 2 setel pakaian ditambah topi, dasi dan topi setiap paket, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan setengah, pekerjaan sudah rampung. 

BACA JUGA:Pantai Ini Pernah Dijajaki Tentara Inggris, Strategis Dikembangkan

‘’Kalau kita bisa kontrak Bulan Maret, jadi nanti pas, waktu anak-anak atau peserta didik SD dan SMP baru masuk sekolah tahun ajaran baru, seragam sekolah bisa langsung dibagikan. Atau paling tidak jangan terlalu lama rentang waktu masuk sekolah dengan pembagian seragam sekolah mereka nanti,’’ tuturnya. 

BACA JUGA:Resisi, Ini Faktor- faktornya dan Tips Atur Keuangan Dengan Bijak

Mengenai pagu anggaran yang tersedia untuk pengadaan seragam sekolah gratis ini, kata Arni tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Totalnya sekitar Rp 2,8 miliar. Dana itu untuk pengadaan seragam sekolah sekitar 3.900 paket. 

Adapun jenis baju seragam sekolah yang akan dibeli diantaranya meliputi seragam putih merah, dasi, topi, ikat pinggang, dan baju seragam olahraga untuk anak SD. Sedangkan untuk anak SMP, meliputi seragam putih biru, dasi topi, ikat pinggang dan seragam olahraga.

BACA JUGA:Tahun Baru Kelam Bagi Wabub Kaur, Jarinya Hilang Karena Ledakan Kembang Api

‘’Untuk anggran tahun 2023 tidak jauh beda dengan anggran 2022. Ada penambahan tapi sedikit. Tidak banyak. Anggran itu kami sesuaikan dengan data jumlah calon pelajar baru baik itu SD maupun SMP. Kami sudah punya data,’’ pungkas Arni.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: