Harga TBS Jelang 2023 Naik, Cek Disini

Harga TBS Jelang 2023 Naik, Cek Disini

Harga TBS Jelang 2023 Naik, Cek Disini--

RADARMUKOMUKO.COM – Harga Tandan buah segara (TBS) sawit dipenghujung tahun 2022 menuju 2023 bertahan diatas Rp 2.200 per-kilogram. Di wilayah Mukomuko harga tertingg mencapai Rp 2.280 hingga Rp 2.290 per-kg. Dibanding beberapa minggu lalu, harga TBS mengalami kenaikan tipis.

BACA JUGA:Kapolsek V Koto Gelar Jumat Curhat di Masjid Nurul Ikhsan

Kepala Dinas pertanian Mukomuko Apriansyah,ST,MT mengakui berdasarkan rilis yang disampaikan masing-masing pabrik, harga TBS berkisar di angka Rp 2.250 per-kg, ada kenaikan tipis. Ia juga mengakui dalam beberapa minggu terakhir, perubahan pada harga TBS selalu ada, yaitu turun dan naik dengan persentase kecil.

‘’ Harga TBS sawit pekan ini tidak mengalami perubahan berarti, Kadang terjadi kenaikan dan kadang ada penurunan, tapi dalam beberapa minggu terakhir, naik turunnya tidak terlalu signifikan, sehingga isu harga di petani tetap stabil,’’ kata Apriansyah.

BACA JUGA:Bebas Lepas Masker? Pembatasan COVID-19 Dihapus

Adapun harga TBS di masing-masing pabrik di Mukomuko, yaitu tertinggi di pabrik PT. USM, Rp 2.290 per-kg, disusul pabrik PT.SAP Rp 2.280 per-kg dan di PT.SAPTA Rp 2.270 per-kg. Selanjutnya di pabrik PT.GSS Rp 2.250 per-kg, di PT.KSM Rp 2.240 per-kg. Terus di pabrik PT.BMK Rp 2.230 per-kg, di MMIL Rp 2.220 per-kg. Harga tiga terendah yaitu di Panrik PT.SSS Rp 2.210 per-kg, kemudian PT.KAS Rp 2.200 per-kg dan di PT.DDP Rp 2.180 per-kg.

‘’Harga ini berdasarkan rilis yang disampaikan perusahaan per 30 desember. Setiap saat harga bisa saja berubah. Umumkan pabrik membeli buah diatas Rp 2.200, hanya satu pabrik yang membeli Rp 2.180,’’ katanya.

BACA JUGA:PPKM Dicabut, Aplikasi PeduliLindungi Masih Perlu Digunakan?

Masih dikatakannya, naik turunnya harga dipengaruhi oleh beberapa faktot, seperti dipengaruhi harga CPO global, permintaan pasar dan juga stok serta kelancaran pihak pabrik melakukan kegiatan bisnis CPO.

‘’Pertama yang mempengaruhi itu permintaan pasar CPO atau harga di pasar global,’’ tuturnya.

BACA JUGA:Ada 144 Penyakit yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Berikut Daftarnya

Terus untuk tahun depan diyakininya harga TBS terus membaik. Maka ia menyarankan petani meningkatkan kualitas produksinya dan juga meningkatkan panen. Caranya harus dipelihara dan rajin melakukan pemupukan sawit.

BACA JUGA:Al-Nassr Resmi Mengontrak Ronaldo

‘’Mudahan saja tahun depan terus mambaik, kualitas buah juga menentikan, maka petani harus melakukan peningkatan,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: