Seleksi Jalur Masuk PTN 2023 Tak Ada Lagi Jalur SNMPTN-SBMPTN

Seleksi Jalur Masuk PTN 2023 Tak Ada Lagi Jalur SNMPTN-SBMPTN

Seleksi Jalur Masuk PTN 2023 Tak Ada Lagi Jalur SNMPTN-SBMPTN-ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek) menetapkan transformasi seleksi masuk PTN.

BACA JUGA:Mau Dapat Hak Purna Tugas Pensiun Dini? Simak PP Tentang Pensiun Dini Massal Prolegnas RUU ASN 2023

Tetuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 selanjutnya memuat aturan baru program penerimaan mahasiswa baru program diploma dan sarjana pada perguruan tinggi negeri.

Dalam aturan ini, mejelaskan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan dasar kuat terhadap disiplin ilmu utama pada setiap program studinya.

BACA JUGA:Dunia Berduka, ‘Sang Raja’ Pele Meninggal Dunia

Adapun mekanisme penerimaan mahasiswa baru secara nasional dan mandiri dalam Permendikbudristek ini kemudian menggantikan SNMPTN menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), UTBK-SBMPTN menjadi UTBK-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) dan Jalur Mandiri dengan perubahan rincian sekam masing-masing.

Dua jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru tersebut dibuat sejalan dengan semangat Merdeka belajar guna mendorng peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan pada jenjang sebelumnya.

BACA JUGA:Update Harga Sawit Terbaru Jelang Tahun Baru 2023

Dalam Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua : Transformasi Seleksi Masuk PTN, Rabu (7/9), mendikbudristek Nadiem mengatakan, dengan Kurikulum Merdeka yang baru yang mulai diadopsi di sekolah, siswa berhak belajar sesuai minat dan bakatnya.

Selaras dengan transformasi terebut, di SNBP 2023 mendatang, kendali siswa dengan Kurikulum Merdeka yang belum lulus, peserta SNBP sudah diperbolehkan memilih prodi di PTN sesuai dengan aspirasi minat dan bakatnya. 

BACA JUGA:Ini Daerah Nominasi 10 Besar Versi LKPP, Mukomuko Termasuk

Adapun nilai rapor yang dipertimbangkan di SNBP tahun depan yaitu nilai  semua mata pelajaran, nilai mata pelajaran pendukung, dan prestasi lainnya.

Perubahan selanjutnya diterapkan pada UTBK-SNBT 2023, yang tesnya tidak lagi berdasarkan mata pelajaran seperti dalam UTBK-SBMPTN 2022. Pada Tes ini, tes berfokus pada potensi akademik, penalaran siswa, dan kemampuan literasi.

BACA JUGA:Alami Pendarahan Otak, Presenter Indra Bekti Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Kronologinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: