Fokus Rampungkan APBDes 2023

Fokus Rampungkan APBDes 2023

Radar Mukomuko--

PONDOK SUGUH, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Pondok Suguh, terus berupaya melakukan percepatan penyusunan APBDes 2023. Mereka optimis penyusunan APBDes bisa rampung dalam target yang ditetapkan. Program prioritas tahun 2023 yang sudah ditetapkan saat ini diantaranya yaitu, pembangunan rabat beton, pembangunan gapura gang dalam desa, pembangunan drainase, dan beberapa item kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu juga ada penanganan kemiskinan ekstrim seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan kegiatan lainnya, sesuai dengan skala prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2023.

Kepala Desa (Kades) Pondok Suguh, Alazi mengatakan, akhir tahun 2022 ini pihaknya harus bekerja ekstra. Karena bukan hanya masalah percepatan APBDes yang harus diselesaikan. Tetapi juga ada kegiatan fisik yang bersumber dari dana silpa tahun 2021 yang harus dituntaskan akhir tahun ini. Meskipun banyak kegiatan yang harus diselesaikan. Namun pihaknya optimis bahwa semua itu bisa selesai tepat waktu. "Semua perangkat desa saat ini fokus dengan tugasnya masing-masing. Kita harus bisa menyelesaikan penyusunan APBDes sebelum tanggal 31 Desember. Demikian juga dengan kegiatan fisik juga harus selesai sebelum akhir tahun ini," kata Alazi kemarin.

Lanjutnya, terkait dengan volume bangunan fisik yang akan direalisasikan tahun depan. Untuk sementara ini belum bisa dipastikan. Karena sampai saat ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah pagu DD tahun 2023. "Untuk volume fisik 2023 belum bisa dipastikan. Program yang menjadi prioritas itukan baru perencanaan. Kalau volumenya nanti kita menyesuaikan dengan besaran anggaran. Yang jelas, saat ini sudah ada usulan dari masyarakat yang ditetapkan sebagai prioritas 2023. Mudah-mudahan apa yang direncanakan ini bisa terealisasi tahun depan," katanya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: