Diskominfo Mukomuko Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Perangkat Desa

Diskominfo Mukomuko Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Perangkat Desa

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik di Gedung Guru Kabupaten Mukomuko, Selasa, 13 Desember 2022. 

Pelaksanaan pelatihan jurnalistik dengan mengusung tema ‘’upaya optimalisasi penyebarluasan informasi pembangunan dan layanan pemerintah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat’’ tersebut melibatkan 40 peserta dari kalangan perangkat desa. 

Adapun pelaksanaan pelatihan jurnalistik ini dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Mukomuko, Novria Eka Putra, SSTP. Turut hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Haryanto, SKM dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Priyurni, S.Pd. 

Dalam sambutannya, Novria Eka Putra menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa untuk mengenal, mengetahui, memahami tugas dan fungsi serta cara kerja jurnalistik. Mulai dari tata cara menghimpun informasi hingga menyebarluaskan hasil karyanya dalam bentuk berita. 

Di samping itu, juga diharapkan kedepan perangkat desa di Kabupaten Mukomuko juga berkemampuan dalam membantu tugas penyebarluasan informasi publik, dengan memuat informasi yang akurat, berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan. 

‘’Sasaran peserta pelatihan jurnalistik ini, melibatkan kalangan perangkat desa. Harapan kita, melalui pelatihan ini, ke depan masing-masing desa mampu mengadopsi sebuah informasi pembangunan secara akurat dan sesuai fakta,’’ ungkap Kepala Dinas Kominfo Mukomuko, Novria Eka Putra, SSTP. 

Pada pelaksanaan pelatihan jurnalistik ini, melibatkan tiga orang narasumber. Materi tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) disampaikan oleh Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Mukomuko Weri Trikusuma Ria, SH., MH. Materi kedua, berkaitan dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Undang-Undang Pokok Pers yang disampaikan oleh Ketua PWI Mukomuko Budi Hartono, SP. Kemudian, materi tentang teknis menulis berita disampaikan oleh Dewan Kehormatan PWI Mukomuko, Amris Tanjung. Jelang penutupan, masing-masing peserta dilatih untuk membuat sebuah karya jurnalistik dalam berupa berita. (nek)     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: