Penerima Kambing Bantuan Wajib Memiliki Kandang

Penerima Kambing Bantuan Wajib Memiliki Kandang

SERAHKAN KAMBING: Kades Talang Kuning, menyerahkan kambing program ketahanan pangan dana desa, tahun 2022.-SAHAD/RM-

TERAS TERUNJAM, RADARMUKOMUKO.COM – Memiliki kandang, menjadi syarat wajib bagi penerima bantuan kambing di Desa Talang Kuning, Kecamatan Teras Terunjam. Syarat lain, setelah kambing beranak, ada kewajiban menggulirkan kepada anggota kelompok yang lain. Setoran wajib tersebut sebanyak 2 ekor. Hal tersebut disampaikan Kades Talang Kuning, Sapari, Kamis (1/12). Dalam acara penyerahan kambing program ketahanan pangan Dana Desa (DD) 2022. Kambing yang dibagikan sebanyak 30 ekor. Bagi calon penerima yang belum memiliki kandang, diberiwaktu selama 2 hari. 

‘’Kambing yang dibagikan ada2 jenis. Keturunan Etawa dan kambing kacang. Agar tidak menimbulkan rasa iri. Pembagian dilakukan dengan cara diundi,’’ jelas Sapari. 

Sapari berharap, program ini bisa berjalan sesuai dengan program pemerintah. Kambing yang diberikan harus dipelihara dengan baik. Dan dikembangkan. Pengembangan pertama untuk seluruh anggota kelompok. Selanjutnya kepada kelompok lain. 

‘’Agar kambing lebih aman, maka harus dikandangkan,’’ tegas Sapari saat menyampaikan kata sambutan.

Sapari juga menyampaikan, sebelum kambing dibagikan, pemerintah desa telah melakukan pelatihan. Para calon penerima bantuan telah dibekali ilmu, cara memelihara dan merawat kambing. Kades berharap, ilmu yang diterima saat pelatihan, dapat dipraktekan.

‘’Kambing diberikan kepada kelompok, tapi dipelihara secara individu,’’ papar Sapari.

Koordinator Penyuluh (Koorluh) Kecamatan Teras Terunjam, Syafarni, S.Pt menjelaskan, kambing mulai beranak setelah umur 1,5 tahun. Dalam waktu 2 tahun, kambing dewasa bisa beranak 3 kali. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangbiakan kambing cukup cepat. Namun demikian, sistem pemeliharaan menjadi kunci penting. Cara memelihara kambing yang baik adalah dikandangkan. Pemberian pakan yang cukup.

‘’Perkembangbiakan kambing cukup cepat. Dalam waktu 2 tahun, bisa 3 kali beranak,’’ kata Syafarni.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: