Dimonev Sumber Makmur Langsung Tuntaskan Fisik

Dimonev Sumber Makmur Langsung Tuntaskan Fisik

Monev: Tim Monev Kecamatan saat turun ke Desa Sumber Makmur --

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Kecamatan Sungai Rumbai, selesai melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penggunaan Dana Desa (DD) tahap II Tahun Anggaran (TA) 2022. Sesuai dengan hasil Monev yang sudah dilakukan. Mereka tidak menemukan adanya dugaan penyimpangan penggunaan anggaran. Masing-masing desa di wilayah kecamatan itu, sudah merealisasikan DD sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada. Namun secara garis besar temuan tim Monev adalah, masalah kelengkapan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) anggaran yang sudah direalisasikan. Di samping itu, pada saat Monev juga ada salah satu desa yang belum menyelesaikan kegiatan fisik yang bersumber dari DD tahap II. Yaitu Desa Sumber Makmur. Untuk desa lain hampir tidak ada temuan.

Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH saat dihubungi mengatakan, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sekarang Monev DD tahap II sudah selesai dilaksanakan. Salah satu temuan pada saat Monev terakhir kemarin. Ada salah satu desa yang belum menyelesaikan kegiatan fisik yang bersumber dari DD tahap II. Yaitu Desa Sumber Makmur. Dimana pekerjaan yang sedang mereka realisasikan adalah peningkatan (pengoralan) Jalan. "Dalam berita acara kegiatan Monev itu, kita sudah merekomendasikan agar mereka segera menyelesaikan kegiatan tersebut. Dan pada prinsipnya mereka siap menindaklanjuti rekomendasi tersebut," kata Rudi kemarin.

Dijelaskannya, selain Desa Sumber Makmur juga ada dua desa yang saat ini sedang merealisasikan kegiatan fisik. Yaitu, Desa Gading Jaya dan Desa Mekar Sari. Namun, sumber anggaran kegiatan yang direalisasi dua desa itu bukan dari DD tahap II. Tetapi realokasi sisa dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang tidak tersalurkan tahun ini. Anggaran itu dicairkan ditahap III. "Kalau temuan penyimpangan penggunaan anggaran tidak ada. Hanya SPJ saja yang harus masing-masing desa lengkapi. Seperti SPJ belum cap dan ditandatangani. Kalau bangunan fisik dan kegiatan ketahanan pangan semuanya sudah terealisasi sesuai prosedur," paparnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Sumber Makmur, Jumat melalui Kaur Keuangan, Wahyu Aristianto saat dihubungi mengaku, memang pada saat tim Monev kecamatan turun ke Desa Sumber Makmur pada Rabu kemarin. Pekerjaan pengoralan itu belum selesai 100 persen. Tetapi, mulai dari kemarin mereka langsung menyelesaikan kegiatan tersebut. "Dimana volume panjang pengoralan Jalan itu 500 meter. Sumber anggaran dari DD tahap II. Hari ini (Kamis kemarin red) pekerjaan pengoralan itu langsung kita selesaikan. Besok (hari ini red) pekerkaan itu mungkin sudah bisa dilalukan serah terima. Nanti PHO kita undang langsung pihak kecamatan, tenaga teknis pendamping desa dan unsur lainnya," tutup Wahyu.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: