Terjaring Razia, Belasan Wanita Tukang Pijat di Air Punggur Jalani Pemeriksaan HIV dan Sifilis

Terjaring Razia, Belasan Wanita Tukang Pijat di Air Punggur Jalani Pemeriksaan HIV dan Sifilis

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Belasan wanita tukang pijat di kawasan Air Punggur, Kecamatan Kota Mukomuko terjaring razia tim gabungan pada Selasa, 29 November 2022, pagi. Sejumlah wanita tersebut digelandang ke markas Satpol PP Mukomuko. 

Kepada awak media, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Mukomuko, Suryanto, S.Pd mengungkapkan, di markas Satpol PP, sejumlah wanita tersebut didata identitasnya, lalu menjalani pemeriksaan HIV dan sifilis oleh petugas tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko.

‘’Hari ini, tim gabungan Satpol PP melibatkan TNI-Polri, Dinas Sosial dan Dinkes bergerak, melaksanakan operasi Pekat. Sasaran panti pijat di kawasan Air Punggur. Dalam operasi ini, ada 18 orang wanita yang diamankan, semuanya tukang pijat dari beberapa tempat,’’ ungkap Suryanto. 

Operasi Pekat jelang peringatan Hari Aids Sedunia, 1 Desember 2022, juga bagian dari aksi pencegahan penyebaran HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Mukomuko. Pasalnya, kata Suryanto, wanita-wanita pekerja tukang pijat tersebut pada umumnya berasal dari luar daerah. 

‘’Operasi Pekat ini, juga bagian dari upaya pencegahan penyebaran HIV di Kabupaten Mukomuko. Patut dicurigai, karena para pekerja tukang pijat ini umumnya berasal dari luar daerah. Bahkan diantara mereka ada yang berasal dari daerah yang ditemukan kasus HIV,’’ ulas Suryanto. 

Suryanto menegaskan, pada operasi ini masih mengedepankan tindakan preventif. Akan tetapi, jika dari hasil pemeriksaan kesehatan, ditemukan kasus HIV, mereka bakal dipulangkan ke daerah asal.

‘’Untuk kali ini masih bersifat preventif. Jika ada yang positif HIV, ya kita pulangkan,’’ tegasnya. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: