Yarudin Pimpin BKAD Selagan Raya

Yarudin Pimpin BKAD Selagan Raya

--

SELAGAN RAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Kemarin, Rabu (23/11) berlangsung Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Kecamatan Selagan Raya. Bertempat di aula kantor Camat Selagan Raya. Mulai pukul 09.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB. Rapat dipimpin Ketua APDESI, Selagan Raya, Bujang Anda, alias Juanda Putra. Ia juga Kades Lubuk Bangko. Agenda rapat membentuk pengurus Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Kecamatan Selagan Raya. Yarudin, Kades Sungai Ipuh Satu, dipercaya sebagai ketua BKAD. Sekretaris Suheri, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sungai Ipuh Dua. Dan bendahara Dori Saputra, Kaur Keuangan Desa Talang Buai. Juga dibentuk 4 ketua bidang. Masing-masing perwakilan dari setiap desa.

Kepada wartawan koran ini, Yarudin, menyampaikan, pemilihan berlangsung secara demokratis. Melalui musyawarah mufakat. Forum rapat sepakat menunjuk Yarudin, sebagai ketua. Sebagai salah satu Kades yang paling senior, dari segi usia, Yarudin, menerima mandat ini. Sedangkan dari segi jabatan, Yarudin, merupakan Kades termuda. Ia dilantik pada 13 Juni 2022, bersama Kades Sungai Ipuh Dua, dan Kades Aur Cina.

‘’Kawan-kawan meminta saya sebagai Ketua BKAD,’’ ujar Yarudin.

Yarudin juga menyampaikan, langkah selanjutnya adalah menyusun program kerja. Apa saja yang akan dilakukan tahun depan, akan dibahas dalam rapat kerja. Ia berharap, adanya BKAD ini akan membawa kemajuan untuk Kecamatan Selagan Raya. 

‘’Rencana kerja akan dibahas kemudian hari. Hari ini (Kemarin, red) baru dibentuk pengurus,’’ tambah Yarudin.

Hal senada disampaikan oleh Penjabat (Pj) Kades Reddy Setiawan. Ia mengatakan, setelah dibentuk pengurus. Langkah selanjutnya, memproses legalitasnya. Pengurus BKAD akan ditetapkan dengan aturan bersama kepala desa. Peraturan bersama disahkan oleh camat.

‘’Legalitas BKAD ditetapkan dengan peraturan bersama kepala desa. Itu sedang proses,’’ ungkap Reddy.

Ketua APDESI Selagan Raya, Bujang Anda, mengucapkan selama kepada pengurus BKAD yang baru dibentuk. Dengan adanya BKAD, ada beberapa program desa yang bisa dilaksanakan. Salah satunya pelatihan. Pelatihan merupakan program penting. Rata-rata desa di Selagan Raya, memiliki program tersebut. Dengan telah dibentuk BKAD, pelatihan bisa dilakukan secara kolektif. Sebagai pelaksana BKDA. Hal tersebut akan lebih hemat. Dari segi biaya maupun waktu.

‘’dengan dibentuknya BKAD, Selagan Raya, mulai maju selangkah. Harapan kami, BKAD akan membawa kemajuan untuk Selagan Raya,’’ demikian Juanda Putra.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: