BKAD Teras Terunjam Gelar Pelatihan ke-3

BKAD Teras Terunjam Gelar Pelatihan ke-3

--

TERAS TERUNJAM, RADARMUKOMUKO.COM – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Teras Terunjam, kembali melaksanakan pelatihan. Pelatihan ke-3 ini peserta para Perlindungan Masyarakat (Linmas). Acara akan berlangsung selama 3 hari. Dimulai pada Selasa dan akan berakhir Kamis (17/11). Jumlah peserta sebanyak 33 orang. Mereka Linmas dari8 desa yang ada di Kecamatan ini. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Asisten I Setdakab, Dr. Abdiyanto, SH, M.Si, LCA. Panitia menghadirkan 5 narasumber. Hari pertama dari kepolisian dan TNI. Hari ini, ada 3 pemateri. Masing-masing Danramil 0428-01 Mukomuko, Kapolsek Teras Terunjam, dan Camat Teras Terunjam. Pada hari terakhir, materi fisik bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Pelatihan ini mengambil tema “Menjadikan Linmas Pelopor dan Penggerak Pengamanan Swakarsa Ditengah-tengah Masyarakat” 

Ketua panitia penyelenggara, yang juga Sekdes Talang Kuning, Wani Agus Riansa, S.Pd, dalam kata sambutannya menjelaskan, pelatihan selama 3 hari. Tujuannya adalah memberikan ilmu yang optimal. Di mana setiap materi disampaikan secara luas dan mendalam oleh narasumber. Setiap sesi juga ada tanya jawab, sehingga peserta bisa menggali ilmu lebih dalam lagi. Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan lahir Linmas yang tangguh. Linmas yang handal sangat dibutuhkan karena sebagai ujung tombak keamanan di desa. Dengan adanya pelatihan ini, Linmas yang ada di Teras Terunjam, paham dengan tugas dan fungsinya. Ketika terjadi gangguan keamanan, Linmas bisa mengambil tindakan sesuai dengan kewenangan yang dimiliknya.

‘’Pelatihan ini menggunakan dana desa tahun 2022, yang dihimpun dari seluruh desa yang ada di Teras Terunjam,’’ kata Weni.

Hal senada disampaikan oleh Ketua BKAD Teras Terunjam, yang juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Setia Budi, Eko Sabar Wibowo. Ia mengatakan, tidak lama lagi akan memasuki tahun politik. Dan suhu politik biasanya meningkat. Peran Linmas sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa masing-masing. Selain itu, Linmas juga memiliki tugas sebagai penegak Peraturan Desa (Perdes). Eko juga menyampaikan, BKAD memiliki program meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, dalam waktu 2 tahun terakhir, telah dilakukan 2 pelatihan, dan saat ini pelatihan ketiga. Sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan untuk BPD dan Kader Teknis Desa (KTD). Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan pelatihan ke-4. Kemungkinan akan digelar akhir November. Pelatihan ke-4 pesertanya pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

‘’Pelatihan ini, salah satu upaya dari BKAD meningkatkan SDM yang ada di Teras Terunjam,’’ ungkap Eko.

Pembukaan pelatihan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Haryanto, SKM, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM), Partomuan Harahap, SE. Danramil 0428-01 Mukomuko Kapten Inf. Yulga Mahendri, Kapolsek Teras Terunjam, IPTU. M. Tri Qadlaya, SH. Camat Teras Terunjam, Iskameri, S.Pd, M.Si. Tidak ketinggalan pendamping desa, serta para Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: