Perdana, Pemdes Sinar Jaya Panen Ikan Lele

Perdana, Pemdes Sinar Jaya Panen Ikan Lele

--

Program Ketahanan Pangan Desa

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Sinar Jaya, Kecamatan Air Manjuto, melalui kelompok budidaya lele berhasil menciptakan program ketahanan pangan bagi masyarakat desa. Sebanyak 9 kelompok budidaya lele tersebut telah melakukan panen perdana bersama pemerintah desa. Dalam waktu kurang dari 2 bulan, dengan lele yang ditebar sekitar seribu benih menghasilkan 49 - 68 Kg lele. 

''Budidaya ikan lele ini merupakan wujud dukungan kita atas program ketahanan pangan pemerintah. Dan membantu pemulihan ekonomi masyarakat desa. Alhamdulillah 9 kelompok budidaya lele di desa ini telah panen, dimana hasil panen di jual seharga Rp 20 ribu /Kg,'' ujar Suparni, Kades Sinar Jaya.

Lanjutnya, laba hasil panen ini akan diberikan kepada kelompok. Sementara modal dikembalikan untuk mengembangkan kelompok budidaya lainnya. Dengan ini ia berharap budidaya lele di desa ini terus berkembang dan bisa meningkatkan ketahanan pangan desa.

''Semoga kedepannya kelompok budidaya lele ini lebih berkembang lagi. Dimana hasil panennya bisa meningkat dari hasil panen perdana,'' harap Suparni.

Sementara itu, Camat Air Manjuto, Sugiyanto, S.Pd mengapresiasi panen perdana program ketahanan pangan Desa Sinar Jaya. Dengan ini ia berpesan pemerintah desa harus mampu mengelola dana desa untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat desanya sehingga dapat mandiri. Menurutnya pemberdayaan masyarakat desa melalui budidaya lele ini sangat bagus. Selain mudah juga berpotensi, karena ikan lele banyak diminati masyarakat.

''Program yang ada di desa Sinar Jaya ini harus ditingkatkan lagi. Dan perlu dicontoh oleh desa-desa lainnya, demi mewujudkan ketahanan pangan di masyarakat khususnya di Kecamatan Air Manjuto,'' tutupnya. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: