Niat Sidak, Kasi Pemdes Kecelik

Niat Sidak, Kasi Pemdes Kecelik

TUTUP: Kasi Pemerintahan Desa, Sudirman, menemukan sekretariat Pilkades PAW Pondok Baru, yang juga kantor desa, dalam kondisi tutup.-IST/RM-

SELAGAN RAYA, RADARMUKOMUKO.COM Kasi Pemerintahan Desa, Kecamatan Selagan Raya, Sudirman, S.A.P bermaksud melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Desa Pondok Baru. Kasi ingin melihat perkembangan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW), yang sedang berlangsung. Di mana pada 7 November telah berakhir waktu pendaftaran. Pada kesempatan tersebut, Sudirman didampingi staf seksi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Zainal. Setelah tiba di lokasi, kantor Desa Pondok Baru, sebagai sekretariat panitia Pilkades, kantor dalam keadaan kosong. Tim dari kecamatan ini mendapat pintu kantor ditutup rapat dan dikunci, kecelik. Pada dinding kantor desa, terdapat tempelan kertas yang berisi pengumuman penerimaan calon Kades. Juga dicantumkan persyaratan yang harus dipenuhi. 

‘’Maksud kami ingin koordinasi dengan panitia Pilkades. Tapi sekretariat dalam kondisi kosong,’’ ujar Sudirman.

Tidak ingin pulang dengan tangan hampa, Sudirman, mencoba mendatangi rumah salah seorang panitia Pilkades. Rumahnya tidak jauh dari kantor desa. Panitia yang dicari sedang tidak ada di tempat. Informasi yang didapat, panitia sedang bekerja. Belum putus asa, Sudirman, menghubungi ketua panitia melalui sambungan telepon. Tidak bisa terhubung.

‘’Saya coba hubungi panitia, tapi tidak bisa. Ada yang sedang ke sawah, ada juga yang sedang kerja di tempat lain. Akhirnya kami putuskan kembali ke kantor,’’ jelas Sudirman.

Terpisah, ketua panitia Pilkades PAW Pondok Baru, Tiarmon, S.Pd menjelaskan, panitia tidak selalu berada di sekretariat.  Namun demikian, bukan berarti panitia tidak bekerja. Kepada masyarakat telah diumumkan bahwa pendaftaran bisa datang ke rumah, jika ingin mendaftar. Setiap panitia telah dibekali bukti terima berkas. Sayangnya hingga pendaftaran gelombang pertama ditutup, pada 7 November, tidak ada pendaftar. Selanjutnya dibuka pendaftaran gelombang kedua, 8-14 November. 

‘’Kami sudah umumkan kepada masyarakat, kalau mau daftar bisa datang ke rumah. Baik siang maupun malam hari. Sampai sekarang belum ada pendaftar. Sekarang dibuka pendaftaran gelombang dua,’’ demikian Tiarmon.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: