Kembalikan Semangat Bergotong-royong

Kembalikan Semangat Bergotong-royong

Goro: Masyarakat Desa Talang Buai gotong royong memperbaiki tempat parkir Masjid Baiturrahman Desa Talang Buai--

SELAGAN RAYA, RADARMUKOMUKO.COM - Masyarakat Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya, ternyata masih memiliki semangat gotong royong. Semangat kerja sosial itu, terlihat saat mereka memperbaiki tempat parkir masjid Baiturrahman Jumat pagi,(3/11) kemarin. Berdasarkan data yang terhimpun media ini, bagi masyarakat yang memiliki mobil grandong atau mobil pelangsir Tandan Buah Segar (TBS) kepala sawit, dan toke sawit di desa setempat. Terlihat sangat antusias, berbondong-bondong dengan sukarela membawa kendaraannya untuk mengangkut koral dan pasir dari Sungai Payang menuju Masjid Baiturrahman.

Kegiatan gotong royong itu, digerakkan oleh pengurus masjid Baiturrahman Desa Talang Buai. Mereka bekerja sama dengan Pemerintah Desa Talang Buai, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan seluruh Kepala Kaum yang ada di desa setempat. Semangat gotong royong warga ini harua dipupuk. Ini tugas utama Pemdes Talang Buai, mereka harus bisa merangkul semua warga. Kendati, belum bisa menumbuhkan semangat gotong royong secara drastis. Setidaknya, Pemdes harus bisa memupuk dan mempertahankan semangat gotong royong yang ada saat ini.

BACA JUGA:2023, Siswa Langsung dapat Seragam Sekolah Gratis

Menurut salah satu tokoh masyarakat Desa Talang Buai, Sektor mengatakan, semangat gotong royong yang dimiliki warga Desa Talang Buai saat ini, sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Namun, antusiasme masyarakat yang hadir dalam gotong royong memperbaiki tempat parkir masjid ini tetap disyukuri. Karena masih ada warga yang terpanggil untuk gotong royong. Meskipun jumlahnya tidak mencapai dari setengah dari warga yang ada di desa ini. "Semangat gotong royong ini harus kita tumbuhkan kembali. Karena semangat gotong royong masyarakat saat ini sudah jauh menurun. Dan ini tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat desa talang bua," katanya kemarin.

Semangat bergotong-royong ini harus bisa ditumbuhkan sejak dini. Dimulai dari membersihkan lingkungan dan perkarangan rumah masing-masing. Setidaknya tindakan itu sudah memberi contoh dengan anak-anak dan warga yang ada di sekitar lingkungan masing-masing. Semangat gotong royong ini tidak boleh hilang. Karena tidak semua kegiatan yang ada di desa didanai oleh negara dan daerah. Oleh karena itu, semangat gotong royong ini harus digelorakan kembali. Pemdes harus bisa merangkul dan mengajak warga untuk bergotong-royong. Sehingga semangat gotong royong ini tidak kandas.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: