Sekda Yandaryat Ajak ASN Pemkab Mukomuko Tingkatkan Pelayanan Publik

Sekda Yandaryat Ajak ASN Pemkab Mukomuko Tingkatkan Pelayanan Publik

Sekda Yandaryat ketika menghadiri pembukaan forum konsultasi publik survei kepuasan masyarakat semester I tahun 2022 di aula Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Kabupaten Mukomuko, Rabu, 2 November 2022.--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Yandaryat Priendiana mengimbau semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, serta membudayakan salam, senyum dan tegur sapa.

Ini disampaikan Sekda Yandaryat, ketika menghadiri pembukaan forum konsultasi publik survei kepuasan masyarakat semester I tahun 2022 di aula Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Kabupaten Mukomuko, Rabu, 2 November 2022. 

‘’ASN bertugas sebagai pelayan publik. Harus tahu betul, posisinya sebagai pelayan dan harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,’’ ungkap Yandaryat. 

Survei kepuasan masyarakat ini, sebetulnya hanya bagian instrumen bahan evaluasi bagi penyelenggara pemerintahan. Ditegaskan Yandaryat, yang lebih penting kedepan bagaimana ASN mampu mengubah mindset, menjadi seorang ASN yang mampu memposisikan diri sebagai pelayan. Bukan orang yang ingin minta dilayani. Harus diakui, mengubah karakter bukan hal mudah. Akan tetapi perlu disadari bahwa ASN digaji negara untuk memberikan pelayanan publik.

Diceritakan Yandaryat. Dirinya pernah mengabdi, 5 tahun bertugas sebagai pelayanan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Diakuinya, ASN memiliki beragam karakter. Pernah seketika, kata Yandaryat, ada masyarakat datang ke Dukcapil dalam urusan kependudukan. Karena kurang syarat, malah disuruh pulang. Mestinya tidak demikian, sambung Yandaryat. Seharusnya dihampiri, layani dan sapa dengan baik. 

‘’Selama saya di Sekretaris Dukcapil, semua buku-buku sumbangan suka rela saya babat. Saya mencoba mengubah mindset, bagaimana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Nyaman, berurusan di Dukcapil,’’ urai Yandaryat.       

Kedepan, Yandaryat berharap semua OPD dan petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat dapat memberikan pelayanan terbaik. Jika pelayanan telah diberikan, ukuran survei kepuasan akan mengikuti dengan sendirinya.  

‘’Sambut masyarakat kita dengan baik. Temui mereka dengan senyuman. Dan bantu mereka dalam berurusan,’’ pintanya. (nek) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: