Cegah Stunting, TP PKK Mukomuko Luncurkan Program Dahsyat

Cegah Stunting, TP PKK Mukomuko Luncurkan Program Dahsyat

--

RADARMUKOMUKO.COM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko bergerak satu komando, mendukung pelaksanaan program prioritas pemerintah pusat dan TP PKK pusat di daerah.

Begitu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Hj. T. Nurliayana Habsjah Sapuan pada kegiatan supervisi 10 program pokok PKK oleh Tim Supervisi TP PKK Provinsi Bengkulu di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, Mukomuko, Kamis (27/10/2022).    

Seperti program prioritas pusat dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting. Medio 2021 – 2022, kata T. Nurliayana,  TP PKK Kabupaten Mukomuko, TP PKK Kecamatan dan desa bersinergi dengan pemerintah daerah melaksanakan program keluarga PKK Gagah Bencana (Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana).

‘’Rentang waktu 2021 – 2022, TP PKK telah melaksanakan beberapa program kerja, terutama mendukung program prioritas pemerintah pusat dan TP PKK pusat. Salah satunya, dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting, TP PKK telah melaksanakan program PKK Gagah Bencana,’’ ujarnya.

Masih T. Nurliayana, di Kabupaten Mukomuko juga telah ditetapkan oleh TP PKK pusat desa pilot projec pencegahan dan penurunan stunting, yaitu Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya. Mendukung pelaksanaan program,  di desa percontohan ini telah dibangun Pondok Stunting (Ponsting), sebagai tempat sosialisasi, edukasi masyarakat mengenai stunting. 

‘’Ponsting ini juga dibantu petugas pelayanan dari Dinas Kesehatan, Penyuluh KB dan tim lainnya yang dibentuk dalam rangka projec stunting,’’ ulasnya. 

Tidak hanya itu, program pencegahan dan penurunan stunting, TP PKK Kabupaten Mukomuko bekerjasama dengan pemerintah daerah juga melaksanakan program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsyat). 

‘’Program Ponsting dan Dahsyat, kini tidak hanya di desa pilot project, akan tetapi juga sudah bentuk di beberapa desa binaan lainnya,’’ bebernya. 

Upaya pencegahan dan penurunan angka stunting lainnya, masing-masing desa di wilayah Kabupaten Mukomuko juga telah melaksanakan rembuk stunting. Untuk melahirkan komitmen bersama mendorong program prioritas pemerintah pusat tersebut. 

‘’Persoalan stunting menjadi bagian prioritas pusat. Dengan demikian, masing-masing desa juga menjadikan program pencegahan dan penurunan stunting ini bagian prioritas dalam penggunaan dana desa tahun 2023. Tak luput kita harapkan, pemerintah desa dapat terus membangun kerjasama dengan PKK dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting,’’ pintanya.  (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: