Sampah Menggunung, RSUD MM Terkesan Kumuh

Sampah Menggunung, RSUD MM Terkesan Kumuh

--

RADARMUKOMUKO.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko, merupakan rumah sakit kebanggan masyarakat Mukomuko. Akan tetapi ternyata masih memiliki banyak persoalan yang harus segera diselesaikan.

Diantaranya rumah sakit yang sudah lumayan megah tersebut ternyata hingga kini tidak memiliki bak penampungan sampah. Sehingga sampah - sampah rumah sakit baik sampah medis maupun sampah umum bertumpuk menjadi satu dan diduga dibiarkan berserakan di belakang rumah sakit. Tumpukan sampah ini kerap menjadi perbincangan keluarga pasien yang membesuk kerabatnya yang sakit.

Direktur RSUD Mukomuko, dr. Dolatta Karokaro membantah kalau RSUD belum memiliki bak pembuangan sampah. Hanya saja karena kapasitasnya yang kurang besar sementara sampah yang dihasilkan pengguna rumah sakit terlalu banyak.

"Bak sampah suda ada, mungkin karena sampahnya terlalu banyak. Maka sampahnya menumpuk," ujar Dolatta. 

Lanjutnta, untuk penanganan sampah di RSUD pihaknya memiliki tim khusus. Untuk sampah medis, kata Dolatta, ditangani oleh tenaga khusus dan dimusnahkan oleh pihak ke tiga. Dimana setiap pagi tim tersebut melakukan pemilahan sampah medis dan sampah umum. Sedangkan untuk sampah umum ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

"Sampah medis itu dua minggu sekali ada yang petugas yang jemput atau pihak ketiga, untuk di musnahkan. Kalau sampah biasanya seperti plastik dan lainnya itu pihak DLH yang membersihkan," ungkap Dolatta. 

Dengan ini ia berharap petugas kebersihan dari DLH untuk dapat membersihkan tumpukan sampah tersebut. Agar tidak menimbulkan penyakit dan mengganggu kenyamanan keluarga pasien atau pengunjung rumah sakit. 

"Selain tidak enak dipandang, juga bisa menyebabkan penyakit. Kalau bisa setiap hari petugas kebersihan dari DLH mengangkut sampah di RSUD ini, karena dalam sehari saja banyak sampah yang dihasilkan," harap Dolatta. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: