Retak Mudik Kembangkan Ternak Sapi dan Ikan Lele

Retak Mudik Kembangkan Ternak Sapi dan Ikan Lele

Serah Terima: Kades Retak Mudik menyerahkan indukan sapi secara simbolis kepada kelompok pengelola program ketahanan pangan--

RADARMUKOMUKO - Pemerintah Desa Retak Mudik Kecamatan Sungai Rumbai, saat ini mulai merealisasikan program ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022. Ada dua jenis program yang mereka realisasikan. Yaitu penggemukan sapi dan ternak ikan lele. Pemdes Retak Mudik berharap kedua jenis program ketahanan pangan ini harus berhasil. Dan bisa berkelanjutan hingga tahun berikutnya. Kemudian hasil program tersebut diharapkan bisa berdampak dan dirasakan oleh masyarakat banyak.

Kepala Desa (Kades) Retak Mudik, Thomas mengatakan, khusus untuk kelompok pengelola program penggemukan sapi. Ada 3 kelompok. Jumlah kelompok ini sesuai dengan kesepakatan yang dilahirkan dalam musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat. "Sesuai dengan jumlah dana yang tersedia. Masing-masing kelompok mendapat bibit atau indukan sapi sebanyak 2 ekor. Sekarang indukan sapi itu sudah kita serahkan ke setiap kelompok pengelola. Kita harap ternak sapi ini bisa berkembang. Kemudian hasilnya nanti bisa dirasakan oleh masyarakat banyak," kata Thomas tempo hari.

Ditambahkan, selain penggemukan sapi. Juga ada program budidaya ikan lele. Jumlah kelompok pengelola budidaya ikan lele ini juga 3 kelompok. Sementara untuk jumlah pengadaan bibit sebanyak 15.000 ekor. Program budidaya ikan lele ini dikolaborasikan dengan tanaman sayur muda seperti sawi, kangkung dan tanaman lain sebagainya. "Jumlah kolam yang kita sediakan sebanyak 3 Unit. Di samping kolam ini kita juga membuat lokasi untuk tanaman sayur muda. Tanaman itu akan dikelola oleh ibu-ibu PKK. Sekarang kita masih menunggu proses pemesanan bibit. Sementara untuk kolamnya sudah siap," tutup Thomas.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: