Penanganan Longsor Lubuk Gedang Butuh Pembangunan Pasak Bumi

Penanganan Longsor Lubuk Gedang Butuh Pembangunan Pasak Bumi

Wagub melakukan peninjauan di lokasi longsor Desa Lubuk Gedang--

RADARMUKOMUKO.COM - Berdasarkan pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, penanganan longsor di Desa Lubuk Gedang tidak mampu dengan pembangunan beronjong. 

Melainkan dengan pembangunan berupa pasak bumi. Karena rumah warga sudah dekat dengan bibir sungai bahkan sudah berbatasan langsung dengan bibir Sungai Manjuto. 

Belum lagi setiap tahun sungai pasti mengalami perluasan karena erosi akibat pengikisan air sungai itu sendiri. 

Dengan ini pihak BPBD Mukomuko, berencana mengusulkan pembangunan pengamanan Sungai Manjuto sepanjang Jalan Lintas Sumatera di Desa Lubuk Gedang ke BPBD Provinsi Bengkulu dan BWS Sumatera VII Bengkulu. 

 "Nanti kita usulkan, tentu ada tindakan setelah bencana ini. Tetapi secara teknis ada instansi terkait yang punya kajian. 

Apakah pembangunan berupa pasak bumi atau pembangunan lainnya. Kalau pembangunan berupa beronjong sudah dipastikan tidak mampu menahan longsor," kata Kabid Kedaruratan BPBD Mukomuko, Ahmad Hidayat Syah. 

Lanjutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala BPBD provinsi dan kebijakannya ada kegiatan pembangunan pengaman sungai sejenis pasak bumi. 

Terkait dengan teknis kegiatannya, kata Ahmad, itu orang teknis yang lebih mengerti. Disamping itu mereka juga mau melakukan survei dulu untuk memastikan jenis bangunan apa yang cocok dibangun di sepanjang Sungai Manjuto.

 "Dengan adanya survei itu nanti baru kita tahu, bangunan seperti apa yang bisa menahan longsor sepanjang sungai tersebut," ujarnya.

 Sementara itu, Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE mengatakan pihaknya bersama desa sudah semaksimal mungkin membantu masyarakat dengan berkoordinasi dengan instansi terkait di daerah ini. 

Selain itu, pihak BPBD juga sudah melakukan pengecekan dan memberikan bantuan berbagai logistik bencana kepada keluarga warga yang menjadi korban longsor. 

Dimana BPBD termasuk perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera VII telah mengecek langsung kondisi rumah yang terdampak longsor.

 Dengan ini ia berharap ada tidak lanjut cepat dari instansi terkait untuk mencegah longsor dengan bangunan seperti pasak bumi. 

"Wabup, BPD bahkan Wakil Gubernur juga sudah melihat secara langsung longsor ini. Semoga ada tindak lanjut yang cepat dari pihak terkait dalam penanganan longsor di wilayah Lubuk Pinang ini, terkhususnya Desa Lubuk Gedang," harap Firdiantoni. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: