Anggaran Pembangunan Rumah Sakit Ipuh Rp 61,4 Miliar

Anggaran Pembangunan Rumah Sakit Ipuh Rp 61,4 Miliar

--

RADARMUKOMUKO.COM – Kabar baik bagi masyarakat Ipuh dan sekitarnya, tahun depan Rumah Sakit (RS) Pratama Ipuh jadi dibangun. Kepastian ini sesuai dengan alokasi anggaran yang sudah muncul yang bersumber dari Anggaran Alokasi Khusus (DAK). Adapun besaran dana untuk pembangunan RS Ipuh mencapai Rp 61.488.367.000. 

Kepala Bapelitbang Daerah Mukomuko, Gianto, SH. M.Si mengakui untuk tahun depan ada alokasi anggaran DAK untuk kesehatan di Mukomuko sekitar Rp 66.9 miliar. Dari anggaran ini Rp 61.488.367.000 untuk pembangunan RS Pratama di Ipuh sesuai dengan rencana awal. Program ini masuk dalam pegandalinan dan penguatan sistim kesehatan. Selebihnya untuk kegiatan penurunan angka kematian Ibu dan anak serta pencegahan standting. 

‘’Berdasarkan rincian penerimaan untuk DAK 2023, memang sudah dianggarkan untuk pembangunan RS pratama di Ipuh, dananya mencapai 61 miliar lebih. Secara anggaran ini sudah 99 persen telah siap untuk pembangunannya. Karena pembangunan tersebut salah satu program penguatan sistem kesehatan,’’ katanya.

Bupati H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA sebelumnya juga mengatakan pembangunan rumah sakit di Ipuh merupakan salah satu prioritas sektor kesehatan. Karena dinilai perlu untuk memudahkan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan memadai dan cepat. Jarak Ipuh, Malin Deman, Air Rami, Sungai Rumbai dan beberapa kecamatan lainnya dengan RSUD Mukomuko cukup jauh, maka dinilai perlu ada rumah sakit khusus di wilayah tersebut.

‘’Dengan dibangunnya rumah sakit pratama di Ipuh maka akan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan. Secara geografis jarak Ipuh dan sejumlah wilayah dengan RSUD Mukomuko cukup jauh,’’ tuturnya.

Untuk lokasi pembangunan RS Pratama Ipuh sendiri sesuai rencana di Desa Air Rami. Namun dalam pelaksanaannya nanti, apakah tetap dilokasi yang sudah direncanakan atau akan ada perubahan belum bisa dipastikan.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: