Pemkab Mukomuko Pengadaan Mesin Tempel Bantuan Nelayan

Pemkab Mukomuko Pengadaan Mesin Tempel Bantuan Nelayan

--

RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, tahun ini kembali melaksanakan kegiatan pengadaan mesin tempel bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan di wilayah setempat. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Junaidi, SP ketika ditemui di gedung Balai Daerah Mukomuko, Senin (19/09/2022). 

BACA JUGA:Bupati Sapuan Serahkan Mobil Bantuan untuk Kelompok Nelayan Mukomuko

Menurut Junaidi, pengadaan mesin tempel tahun ini, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mukomuko.

‘’Program bantuan untuk kelompok nelayan. Tahun ini kita juga melaksanakan pengadaan 7 unit mesin tempel. Pengadaan ini sesuai dengan jumlah ketersediaan anggaran, dan bersumber dari DAU,’’ ungkapnya. 

Dari 7 unit mesin tempel bantuan yang direncanakan, 5 unit ukuran 15 PK dan 2 Unit 40 PK.  Kata Junaidi, proses pengadaan ini dilaksanakan secara e-katalog. Untuk mesin 15 PK, ketersediaan stok barang sudah ada kejelasan dari pihak penyedia. Namun, kata Junaidi, pihaknya terkendala untuk melakukan pemesanan mesin tempel 40 PK, karena terjadi kekosongan stok.  

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tagih Pembangunan Lapas ke Kemenkum HAM

 ‘’Untuk mesin 40 PK sesuai spek yang kita minta terpaksa indent.  Pihak penyedia menginformasikan ke kita, paling tidak barang redy sekitar bulan Oktober atau boleh jadi November nanti,’’ ujarnya.    

Junaidi belum menjelaskan KUB nelayan calon penerima bantuan mesin tempel tersebut. Menurutnya, kepastian penerima setelah adanya ketetapan Bupati Mukomuko. 

‘’Sampai sekarang, calon penerima belum ditetapkan. Pastinya, setelah adanya SK bupati. Yang jelas, berdasarkan usulan yang masuk, ada sekitar 75 buah proposal nelayan yang kita himpun sejak 2018 lalu hingga sekarang,’’ ulasnya. 

BACA JUGA:Pemda Gerak Cepat, Akses Suka Maju – Sindang Mulyo Kembali Normal

Tidak hanya itu, dalam tahun ini KUB nelayan tradisional di wilayah Kabupaten Mukomuko juga bakal kebagian bantuan sebanyak 20 unit mesin tempel. 

Disampaikan Junaidi, tahun ini atas koordinasi Pemkab Mukomuko, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan mesin tempel bagi kelompok nelayan. 

‘’Bantuan 20 unit mesin tempel dari APBD Provinsi ini, penerimanya ditetapkan oleh pemerintah provinsi. Dan kita didaerah hanya membantu memfasilitasi penyerahan. Berkemungkinan pada Rabu besok bakal dilaksanakan pertemuan antara pemerintah provinsi dengan calon penerima di Mukomuko,’’ demikian Junaidi. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: