Warga Desa Karang Jaya Kesulitan Air Bersih
USUL: Peserta Penetapan RPJMDes Karang Jaya, usulkan penambahan Pamsimas.--
RADARMUKOMUKO.COM – Pengadaan jaringan air bersih, menjadi salah satu usulan warga Desa Karang Jaya, Kecamatan Teras Terunjam.
Usulan tersebut dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Karang Jaya, periode 2022-2028.
Saat ini masih ada warga Karang Jaya, yang terpaksa membeli air untuk kebutuhan sehari-hari. Jaringan Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang ada, belum mampu menjangkau seluruh warga.
Kades Karang Jaya, Ade Sobar, mengatakan, usulan warga telah ditampung dan dimasukkan dalam RPJMDes. Terkait realisasinya, akan dibahas bersama dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) desa setiap tahunnya. Jika warga sepakat, jaringan Pamsimas dibangun pada tahun pertama, maka akan dilaksanakan.
BACA JUGA:Baznas Mukomuko Santuni 304 Anak Yatim dan Lansia
Jika Pamsimas tidak bisa dibangun menggunakan Dana Desa (DD), maka akan diusulkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
‘’Kami memiliki Pamsimas, satu titik. Dan itu belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh warga,’’ jelas Sobar.
Ade Sobar juga membenarkan adanya warga yang kesulitan air bersih. Lokasi rumah warga tersebut berada di dataran tinggi.
BACA JUGA:Oknum Dewan Mukomuko Dilaporkan, Gara-gara Menohok ‘’Anunya’’ ASN
Selain itu, juga jauh dari gardu listrik. Akibatnya arus yang sampai ke rumah warga tersebut lebih kecil dibandingkan warga yang lain.
Arus listrik yang kecil tidak cukup untuk menghidupkan mesin air. Solusi mengatasi masalah ini adalah, peningkatan jaringan listrik dari PT. PLN.
‘’Benar ada warga yang kesulitan air bersih dan terpaksa harus beli air. Masalahnya adalah arus listrik yang kecil. Solusinya adalah meningkatkan jaringan PLN,’’ tambah Ade Sobar.
Disampaikan Ade Sobar, pihaknya telah mengusulkan untuk peningkatan jaringan PLN.
BACA JUGA:APBD Mukomuko Dialokasikan Sebesar Rp 2,6 Miliar, Bantu Warga Miskin Terdampak Kenaikan BBM
Hanya saja butuh waktu dan proses yang lama. Ia mengaku dirinya pernah bekerja di PT. PLN, sekitar 1 tahun. Sedikit banyaknya tahu proses dan mekanisme yang ada.
Peningkatan jaringan akan diprioritaskan jika minimal ada 20 warga pelanggan atau calon pelanggan.
‘’Kami sudah menyampaikan usulan untuk peningkatan jaringan,’’ pungkas Sobar.(dul)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: