Pemkab Mukomuko Bangun Rest Area di Ruas Jalan Nasional Pantai Punggur

Pemkab Mukomuko Bangun Rest Area di Ruas Jalan Nasional Pantai Punggur

--

RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu bangun rest area di tepi ruas Jalan Nasional kawasan Pantai Punggur, Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Realisasi pembangunan rest area, ditandai dengan pelaksanaan titik nol dan rekayasa lapangan secara bersama oleh pemerintah daerah dan rekanan penyedia pada Selasa (13/09/2022). 

Hadir pada pelaksanaan titik nol pekerjaan, Sekdakab Mukomuko, Drs. Yandaryat Priendiana, Asisten II Setdakab, Drs. H Bustari Maler, M.Hum, Kepala Disparpora Mukomuko, Agus Harvinda, ST., M.Si, pihak rekanan, konsultan pengawas serta tim titik nol Pemkab. Selain itu, tampak hadir manajemen PT. Agromuko dan perwakilan Kantor Pertanahan Mukomuko. 

BACA JUGA:Penempatan Pejabat Disorot Komisi I DPRD Mukomuko

Adapun pembangunan rest area atau tempat peristirahatan sementara dilaksanakan melalui program Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, bersumber dari APBD tahun 2022. 

Selain itu, rest area dibangun di lahan pelepasan eks Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit PT. Agromuko, seluas lebih kurang 2 hektare (Ha).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Drs. Yandaryat Priendiana mengungkapkan, rencana pembangunan rest area sudah dimulai sejak zaman pemeringahan Bupati Ichwan Yunus. Akan tetapi, pelaksanaan pembangunannya baru dapat dilaksanakan melalui anggaran tahun ini. 

BACA JUGA:Perbup Kerjasama Publikasi Masih Perlu Ditinjau Ulang

Tujuan utama dibangunnya rest area, sebagai sarana tempat peristirahatan sementara bagi pengguna jalan, terutama bagi yang bepergian jauh.  

‘’Rest area ini program kita daerah, dan proses pembebasan lahannya sudah mulai diproses sejak zamannya bupati pak Ichwan Yunus. Inikan tempat bersantai, bagi yang lulu lalang bepergian bisa beristirahat di lokasi ini,’’ ungkap Yandaryat. 

Sesuai dengan kemampuan daerah, pembangunan rest area di lokasi tersebut dilaksanakan secara bertahap. Menurut Sekda Yandaryat, tahap pertama ini fokus pada pematangan lahan, sarana ibadah, toilet, tempat bermain anak dan plat duiker. 

BACA JUGA:Sapi Warga Talang Buai Mati Mendadak

‘’Pembangunan ini berlanjut. Sampai nanti pembangunan taman hingga pagar dan lainnya. Tahap awal ini, ada musholla, WC, tempat bermain anak dan plat duiker,’’ imbuhnya.

Tujuan lain dari pembangunan rest area, juga bagian dari upaya pemerintah dalam memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di lokasi ini, pemerintah daerah juga menyediakan space (ruang) bagi pedagang untuk berjualan dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: