Tidak Dipasang, Alat Jembatan Timbang Dibiarkan Rusak

Tidak Dipasang, Alat Jembatan Timbang Dibiarkan Rusak

Alat jembatan timbang dibiarkan rusak--

RADARMUKOMUKO.COM - Hingga kini, Kabupaten Mukomuko belum memiliki jembatan timbang yang biasanya dipasang di perbatasan seperti di daerah lain. 

Padahal daerah ini sudah memiliki alat jembatan timbang, namun sayangnya tidak dipasang. Sehingga alat jembatan timbang dengan harga ratusan juta dibiar rusak begitu saja oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Mukomuko. 

Terkait hal ini, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumus Institute Mukomuko sangat menyanyangkan pemerintah daerah yang membiarkan aset daerah rusak begitu saja. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris LSM Rumus Institute Mukomuko, Rusman Aswardi, saat dijumpai awak media kemarin. Menurutnya, dengan adanya jembatan timbang di daerah ini tentu dapat menertibkan tonase kendaraan yang melintasi Kabupaten Mukomuko. Sehingga dapat mencegah kerusakan jalan akibat angkutan kendaraan yang melebihi beban.

''Saat ini angkutan kendaraan seperti buah sawit sangat sering melintasi jalan poros, baik antar kecamatan maupun penghubung Kabupaten Mukomuko ke kabupaten lain. 

Kalau melihat dari mobilitas kendaraan angkutan yang sedang berjalan sekarang, memang sudah saatnya Mukomuko memiliki jembatan timbang. Kendaraan yang mengangkut TBS sawit atau CPO saja hampir setiap hari lewat,'' kata Rusman.

Lanjutnya, dengan ini pemerintah daerah diminta agar memikirkan bagaimana upaya untuk membangun jembatan timbang di daerah ini. Ini ia sampaikan, karena ia menilai kabupaten ini sudah layak memiliki jembatan timbang. 

Sebab, selain bisa menekankan kerusakan jalan akibat kendaraan yang melebihi tonase. Juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mukomuko. Karena dengan semua kendaraan angkutan harus melewati jembatan timbang tersebut akan mempermudah untuk menarik retribusi bagi setiap kendaraan yang keluar masuk di daerah ini.

''Kalau memang kabupaten tidak punya kewenangan untuk membangun jembatan timbang. Kenapa tidak berupaya mengusulkan ke provinsi yang berwenang membangunnya. Sangat disayangkan sekali jika alat yang sudah ada dibiarkan rusak begitu saja,'' tutup Rusman. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: